POLHUKAM - Kementerian Koordinator Bidang Polhukam RI

Sistem Pengelolaan Pelayanan Perpustakaan Kemenko Polhukam

By 24 Mar 2016 10:29Opini
featured-pancasila-1600×600

Author :: Sucipto
Date :: Sel 24/03/2016 @ 10:42

Pada hakekatnya perpustakaan adalah pengelola informasi yang telah dikemas dalam berbagai bentuk media. Perkembangan dan kemajuan teknologi dalam beberapa dekade terakhir ini tidak bisa dihindarkan melanda pula perpustakaan.

Pemanfaatan teknologi informasi di perpustakaan dewasa ini tidak hanya terbatas pada otomasi pekerjaan rutin perpustakaan seperti, pengolahan, penelusuran dan sirkulasi koleksi, tetapi juga pada penyediaan informasi dan sumber belajar secara online dalam berbagai bentuk media, penelusuran dan pengunduhan informasi digital lintas perpustakaan secara cepat dan akurat.

Frans Susilo, SJ menyatakan bahwa teknologi informasi telah mengubah secara drastis paradigma perpustakaan, dari yang bersifat tradisional menjadi yang bercorak modern yang tidak lagi dibatasi oleh dinding dan ruangan, dengan menyediakan fasilitas-fasilitas elektronik yang memungkinkan para penggunanya mengakses informasi tanpa batas ke berbagai sumbernya di seluruh belahan dunia.

Perpustakaan Kemenko Polhukam memiliki koleksi 823 bahan pustaka, yang terdiri dari buku-buku Politik, Hukum dan Keamanan yang menunjang kegiatan dibidang Polhukam, dan ada juga buku-buku sosial, kamus dan berbagai ensiklopedia.

Saat ini perpustakaan Kemenko Polhukam sudah digital, menurut William Arms dalam Aji (2007) mengemukakan bahwa perpustakaan digital adalah “kumpulan informasi yang tertata dengan baik beserta layanan-layanan yang disediakannya, yang disimpan dalam format digital dan dapat diakses melalui jaringan komputer”. Untuk mengakses Perpustakaan Kemenko Polhukam pengguna bisa masuk ke Google atau Mozilla, melalui html 10.11.22.88/perpustakaan.

Koleksi perpustakaan Kemenko Polhukam sebagian telah dialih-digital-kan ke dalam sistem yang disebut Open Public Access Catalog (OPAC) berbasis Senayan Library Management System (SLIMS). Sistem ini mempermudah pengunjung untuk mengakses bahan pustaka Kemenko Polhukam, dalam situs jejaring tersebut pengguna dapat mengakses katalog online.

Katalog online adalah fasilitas untuk mencari koleksi bahan pustaka, pengguna cukup memasukkan kata kunci untuk mencari koleksi yang diinginkan. Sistem pengelolaan dan pelayanan perpustakaan Kemenko Polhukam menggunakan SLIMS versi 7.

Sesuai amanat Pasal 19 UU No. 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan menyebutkan bahwa perpustakaan harus terus berupaya meningkatkan daya, pelayanan dan pengelolaan perpustakaan baik kuantitas maupun kualitas.

Join the discussion 2 Comments

  • henrik samosir says:

    selamat pagi bapak binsar daniel panjaitan
    Pada dasarnya kami sangat senang dengan respon bapak dalam rangka peningkatan perbendaharaan bahan layanan pustaka kemenko polhukam. dan untuk proses pengiriman buku yang bapak maksud bisa ditujukan langsung ke penerimaan surat/berkas kantor kemenko polhukam dengan melampirkan surat pengantar buku dimaksud.

    NB: Bapak bisa kontak langsung dengan kami dari bagian perpustakaan gedung B Lantai 2

    Best regard,

    Henrik Samosir

  • BINSAR DANIEL PANJAITAN says:

    Kepada Yth.

    Pengurus Perpustakaan 

    Kementerian Politik, Hukum dan HAM Indonesia

    di tempat

    Bagaimana tata cara pemberian buku hasil simposium nasional yang diadakan di Fakultas Hukum Universitas Indonesia tahun 2016 mengenai permasalahan penegakan hukum dalam perehabilitasian pengguna narkoba?

    Demikian, terima kasih

    Hormat saya,

    Binsar Daniel Panjaitan

    Fakultas Hukum Universitas Indonesia

    ————-
    Surel:
    binsardp25@yahoo.com               binsardp25@gmail.com
    Telp : (+62) – 8126 – 4735 – 805

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Sistem Pengelolaan Pelayanan Perpustakaan Kemenko Polhukam