POLHUKAM - Kementerian Koordinator Bidang Polhukam RI

Sesmenko Polhukam : Perkembangan Teknologi Informasi Tidak Dapat Dihindari Lagi

By 06 Mar 2018 18:39 Berita
IMG_3000

Polhukam, Jakarta – Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Letjen TNI. Yoedhi Swastono, menerima peserta Kuliah Kerja Perwira Siswa (Pasis) Sekolah Staf dan Komando Angkatan Udara (Seskoau) TP 2018 di Ruang Nakula, Kemenko Polhukam, Selasa (6/3/2018). Dalam sambutannya, Sesmenko Polhukam menyampaikan bahwa saat ini kita telah memasuki era teknologi dimana perkembangan teknologi komunikasi dan informasi sudah tidak dapat dihindari lagi.

“Saat ini, suka atau tidak suka, kita sudah memasuki era teknologi informasi, jadi pemanfaatan teknologi informasi itu sesuatu yang tidak bisa kita hindari. Kejadian di belahan dunia yang satu dengan serta merta bisa kita ketahui dalam waktu yang hampir bersamaan dari belahan dunia lain,” kata Sesmenko Yoedhi.

Menurutnya, bukan hal yang mustahil untuk bisa memperoleh informasi secara mandiri melalui internet. Hanya dengan mengetik keyword informasi yang kita inginkan di mesin pencarian, maka informasi tersebut dapat terakses. Dikatakan bahwa dengan perkembangan teknologi ini dapat berdampak positif dan negatif tergantung dari pemanfaatannya.

“Ke depan saya mempunyai asumsi bahwa semuanya itu bisa diketahui dengan menanyakan Mbah Google. Buktinya sederhana, penggunaan siber dalam rangka untuk pembuatan bom, seseorang yang awam dengan menggunakan internet bisa mencari proses pembuatan bom itu secara mandiri,” jelas Sesmenko Polhukam.

Sesmenko Yoedhi juga mengatakan bahwa diperlukan antisipasi penggunaan teknologi informasi tersebut. Pasalnya, dengan tidak terhindarinya perkembangan teknologi tersebut, maka pemanfaatan informasi sangatlah diperlukan.

Selain itu, para peserta Kuliah Kerja Pasis Seskoau juga menerima pembekalan dari Pelaksana Tugas Deputi Bidang Koordinasi Komunikasi, Informasi dan Aparatur, Marsda TNI. Suwandi Miharja yang memberikan materi tentang Perspektif Kemenko Polhukam Dalam Kebijakan Cyberspace Nasional. Dirinya mengatakan bahwa penggunaan siber sudah merambah pada banyak aspek seperti keamanan, sosial, budaya, dan ekonomi.

“Siber sudah merambah kemana-mana, maka mau tidak mau kita harus mengendalikannya. Bukan hanya memahami saja, tetapi juga harus bisa mengendalikannya,” ungkap Suwandi.

Dikatakan bahwa cyberspace adalah ruang buatan manusia atau mesin-mesin cerdas yang dapat digunakan untuk kebaikan atau keburukan. Karenanya, untuk mengawal Nawacita diperlukan ketahanan nasional yang kuat di era siber, khususnya sektor digital ekonomi.

Selain itu, hadir sebagai pemateri lainnya adalah Kepala Bidang Operasional Sinergitas Media Sosial Aparatur Negara, Kolonel Arh. Ponco Wasono yang memberikan materi tentang perkembangan informasi melalui media sosial. Lainnya adalah Sekretaris Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar, Inspektur Jendral M. Ghuffron yang memberikan materi tentang peran serta tugas Satgas Saber Pungli.

Humas Kemenko Polhukam

Kirim Komentar/Pertanyaan

Sesmenko Polhukam : Perkembangan Teknologi Informasi Tidak Dapat Dihindari Lagi