BeritaBiro PO

Kemenko Polhukam RI Adakan Bimtek Aplikasi e-Monev untuk Unit Kerja

Dibaca: 79 Oleh Jumat, 25 Maret 2022Mei 13th, 2022Tidak ada komentar
WhatsApp Image 2022 03 25 at 2.13.32 PM
#KemenkoPolhukam 

SIARAN PERS No: 33/SP/HM.01.02/POLHUKAM/3/2022

Polhukam, Bogor – Kegiatan Bimbingan Teknis dan Penyegaran Aplikasi e-Monev Tahun 2022 untuk unit-unit kerja di Lingkungan Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan digelar di Bogor pada Jumat (25/3/2022).

Acara tersebut diselenggarakan oleh Bagian Evaluasi dan Pelaporan pada Biro Perencanaan dan Organisasi Kemenko Polhukam Republik Indonesia.

Bimtek dibuka oleh Kepala Biro Perencanaan dan Organisasi, Nizhamul, S.E, M.M, diwakili Eda Elfiaty, S.Sos selaku Perencana Ahli Madya Koordinator Bagian Evaluasi dan Pelaporan. Acara ini juga menghadirkan narasumber dari Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional.

Aplikasi e-Monev merupakan aplikasi pelaporan yang dibangun oleh Kementerian PPN/Bappenas. E-Monev berguna untuk pelaporan data realisasi hasil pemantauan pelaksanaan rencana kerja (Renja) kementerian/lembaga.

Pada tahun ini, Kementerian PPN/Bappenas telah memperbaruai aplikasi e-Monev dengan sejumlah fitur tambahan. Pembaruan tersebut diharapkan bisa meningkatkan validitas data dan informasi. Juga bisa mendorong pemanfaatan data dan memberi kemudahan pelaporan.

Seperti diketahui, pemantauan dan pelaporan merupakan dua aktivitas yang saling berkaitan. Pemantauan berarti aktivitas mengamati perkembangan pelaksanaan rencana kerja. Data hasil pengamatan itulah yang dilaporkan melalui aplikasi e-Monev.

Baca juga:  Badan Siber Nasional, Proteksi dan Perkuat Keamanan Siber

Pemantauan rencana kerja kementerian/lembaga melalui aplikasi e-Monev memiliki urgensi tinggi. Pasalnya, hal ini tidak hanya terkait dengan perkembangan pelaksanaan intervensi pemerintah. Lebih dari itu, juga berkaitan dengan akuntabilitas intervensi pemerintah tersebut, serta kontribusinya pada pencapaian sasaran pembangunan.

Terkait dilaksanakannya Bimtek e-Monev ini, Biro Perencanaan dan Organisasi Kemenko Polhukam RI mengucapkan terima kasih pada seluruh unit kerja yang telah ikut serta.

Ucapan terima kasih juga disampaikan bagi seluruh unit kerja selaku pelaksana rencana kerja kementerian/lembaga yang telah melakukan pelaporan untuk tahun 2021. Diharapkan, pelaporan untuk tahun 2022 ini bisa semakin baik juga tepat waktu.

Humas Kemenko Polhukam RI

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel