POLHUKAM - Kementerian Koordinator Bidang Polhukam RI

Kemenko Polhukam Percepat Reformasi Birokrasi Internal

By 10 Aug 2017 19:26Berita
WhatsApp_Image_2017-08-09_at_7.08.14_PM

JAKARTA – Kementerian Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan melaksanakan Sosialisasi Road Map Reformasi Birokrasi dalam rangka meningkatkan kinerja pegawai Kemenko Polhukam. Acara dibuka oleh Sekretaris Menko Polhukam Letjen TNI Yoedhi Swastono. Dalam pembukaannya, Sesmenko mengapresiasi penyelenggaraan kegiatan road map tersebut karena dianggap sebagai instrumen penting dalam mempercepat proses reformasi birokrasi.

“Saya menyambut baik dan mengapresiasi penyelenggaraan kegiatan sosialisasi yang strategis ini, karena road map adalah salah satu instrumen penting dalam upaya percepatan pelaksanaan reformasi birokrasi di suatu instansi termasuk Kemenko Polhukam,” kata Sesmenko Yoedhi.

Dikatakan bahwa pemerintah telah mencanangkan program Reformasi Birokrasi sebagai salah satu solusi dan upaya untuk melakukan pembaharuan dan perubahan mendasar terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan terutama menyangkut aspek kelembagaan (organisasi), sumber daya manusia aparatur, dan ketatalaksanaan (business process). Upaya Reformasi Birokrasi ini pun dijabarkan ke dalam periode road map 5 tahunan dengan sasaran terciptanya birokrasi yang bersih dan akuntabel, birokrasi yang efektif dan efisien, serta birokrasi yang memiliki pelayanan publik berkualitas.

Sesmenko Yoedhi juga mengatakan bahwa Kemenko Polhukam telah menyusun Road Map Reformasi Birokrasi untuk periode tahun 2015-2019 dan telah diformalisasikan melalui Peraturan Menko Polhukam Nomor 4 Tahun 2016 tentang Road Map Reformasi Birokrasi Kemenko Polhukam Tahun 2015-2019, yang merupakan pedoman implementasi Reformasi Birokrasi di Kemenko Polhukam. Namun, Yoedhi mengatakan bahwa dirinya tidak yakin kalau seluruh jajaran Kemenko Polhukam tahu bagaimana mengimplementasikan isi road map tersebut.

“Saya yakin bahwa kita semua belum mengetahui secara komprehensif isi road map tersebut, apalagi untuk mengimplementasikannya. Untuk itulah Tim RB Kemenko Polhukam mengadakan kegiatan sosialiasi ini. Diharapkan dengan penyelenggaraan kegiatan ini, seluruh pejabat dan pegawai di Kemenko Polhukam dapat mengetahui, memahami, dan mengimplementasikan Road Map tersebut,” kata Sesmenko Polhukam.

Selain itu, Sesmenko Polhukam juga mengucapkan selamat kepada para agen Reformasi Birokrasi di Kemenko Polhukam tahun 2017. Diharapkan dengan dikukuhkannya agen perubahan Reformasi Birokrasi dapat memberikan perubahan yang lebih baik untuk Kemenko Polhukam.

“Saya mengucapkan proficiat karena anda-anda adalah pribadi-pribadi yang terpilih untuk mengemban amanat perubahan di Kemenko Polhukam. Saya juga mengucapkan selamat bertugas, tetap teguh, dan menjadi pribadi-pribadi yang H-E-B-A-T (handal, enerjik, berintegritas, akuntabel, dan transparan). Sehingga apa yang menjadi tujuan kita bersama dengan mengukuhkan para agen perubahan RB yaitu menjadikan perubahan yang lebih baik kepada Kemenko Polhukam dapat kita capai,” kata Sesmenko Yoedhi.

Pemaparan materi diberikan oleh Plt. Asdep Perumusan Kebijakan Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas, dan Pengawasan Kementerian PAN & RB, Endang Purwaningsih, serta Inspektur Kemenko Polhukam, Drs. Amrin, M.AP. Turut hadir dalam acara Sosialisasi, Para Deputi, Staf Ahli, dan Staf Khusus Menko Polhukam, Pejabat Eselon II, III, dan IV Kemenko Polhukam, serta Para pegawai Kemenko Polhukam.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kemenko Polhukam Percepat Reformasi Birokrasi Internal