Berita

Sesmenko Polhukam Ajak Tim Evaluasi SAKIP dan RB Kemenko Polhukam Berpartisipasi Aktif dan Lakukan Perbaikan

Dibaca: 2 Oleh Selasa, 7 September 2021Tidak ada komentar
IMG 20210907 WA0009
#KemenkoPolhukam 

SIARAN PERS No: 143/SP/HM.01.02/POLHUKAM/9/2021

Polhukam, Jakarta – Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Letjen TNI Tri Soewandono mengajak seluruh peserta evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dan Reformasi Birokrasi (RB) untuk berpartisipasi aktif dan terus melakukan perbaikan, baik dari implementasi RB maupun kualitas akuntabilitas kinerja ke depan. Karena evaluasi ini tidak hanya terkait penilaian yang dilakukan oleh Kementerian PAN&RB, tetapi juga dalam rangka mewujudkan Kemenko Polhukam yang semakin berkualitas.

“Atas nama instansi Kemenko Polhukam, saya menyampaikan selamat datang dan selamat bekerja kepada Tim Evaluator dari KemenPAN RB dalam melaksanakan tugas penilaian implementasi SAKIP dan RB,” kata Sesmenko Polhukam Tri Soewandono pada acara Evaluasi Implementasi SAKIP dan RB oleh KemenPAN RB secara virtual di Jakarta, Selasa (7/9).

Sesmenko mengatakan, reformasi birokrasi merupakan agenda nasional yang harus didukung bersama pada seluruh aspek organisasi dalam mewujudkan birokrasi yang Bersih dan Akuntabel, Efektif dan Efisien, serta menghasilkan pelayanan publik yang berkualitas.

Baca juga:  Wiranto Berbagi Pengalaman Kontra Terorisme Di India

Disampaikan bahwa berkat atensi dan koordinasi yang intensif dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, upaya implementasi reformasi birokrasi di Kemenko Polhukam terus menunjukkan hasil yang positif, dengan indikasi peningkatan nilai dari tahun ke tahun, setidaknya dalam dua tahun terakhir.

“Pada tahun 2020, nilai RB Kemenko Polhukam sebesar 75,60 naik dari nilai 2019 sebesar 75,58. Namun pencapaian ini tidak berarti Kemenko Polhukam kemudian berhenti melaksanakan penyempurnaan dari berbagai aspek,” kata Sesmenko Polhukam.

Kemenko Polhukam telah melakukan berbagai langkah penyempurnaan Reformasi Birokrasi. Diantaranya penyusunan Roadmap RB 2020-2024, Quick Wins, dan berbagai penajaman lainnya. “Kepada KemenPAN RB, saya persilahkan untuk melaksanakan evaluasi atas kegiatan dimaksud pada 8 Area Perubahan Kemenko Polhukam. Selanjutnya akan kami jadikan bahan perbaikan dan penyempurnaan ke depan,” kata Sesmenko Polhukam.

Selanjutnya, pada sisi implementasi SAKIP terdapat kenaikan nilai hasil evaluasi dari 69,74 pada tahun 2019, menjadi 70,10 pada tahun 2020. “Kenaikan ini belum signifikan. Oleh karenanya kami terus melakukan berbagai upaya perbaikan dalam peningkatan akuntabilitas kinerja,” kata Sesmenko Polhukam.

Baca juga:  Kemenko Polhukam Adakan FKK Bahas Peran Pers Dalam Pemilu yang Demokratis

Hadir dalam evaluasi tersebut seluruh tim evaluasi SAKIP dan RB Kemenko Polhukam, Inspektur dan pejabat terkait.

Humas Kemenko Polhukam RI

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel