Menko PolhukamBeritaDeputi VII Bidkor Kominfotur

Manfaatkan Teknologi Digital Dalam Memperkokoh Wawasan Kebangsaan Pelajar, Kemenko Polhukam Gelar Lomba Esai Digital

Dibaca: 64 Oleh Friday, 28 October 2022November 1st, 2022Tidak ada komentar
AAAA
#KemenkoPolhukam 

SIARAN PERS No: 177/SP/HM.01.02/POLHUKAM/10/2022

Polhukam, Tangerang – Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan mengadakan Lomba Menulis Esai Literasi dan Kewargaan untuk Sekolah Tingkat Menengah dan Sederajat Tingkat Nasional. Program ini merupakan hasil kerja sama Kemenko Polhukam dengan Sahabat Khatulistiwa dan Ikatan Keluarga Alumni Lemhannas Program Pendidikan Reguler Angkatan 52 (IKAL PPRA 52). Launching lomba yang mengangkat tema “Wawasan Kebangsaan sebagai Benteng Kedaulatan Bangsa Indonesia dalam Literasi Digital” ini bertepatan dengan Peringatan Hari Sumpah Pemuda yang ke-94.

“Penyelenggaraan pendidikan yang kita nikmati saat ini adalah bentuk buah manis dari perjuangan Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia yang menegaskan cita-cita rakyat untuk negara Indonesia, pada 94 tahun silam, yang kita peringati sebagai Hari Sumpah Pemuda pada hari ini”, ujar Menko Polhukam, Moh. Mahfud MD, pada pembukaan Lomba Esai Kewargaan di Tangerang, Jum’at (28/10/22).

Dalam sambutannya, Menko Polhukam juga menyampaikan bahwa Sumpah Pemuda tidak hanya diperingati sebagai hari khusus, tetapi juga dimaknai dalam bentuk sikap menghargai perjuangan. Melalui pemaknaan tersebut, Lomba Menulis Esai merupakan salah satu upaya pemerintah dalam memupuk semangat belajar dan memperkaya kreativitas, serta mengembangkan potensi para generasi muda di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

Melalui Lomba Esai Kewargaan ini, Menko Polhukam memiliki harapan besar kepada generasi muda agar dapat memanfaatkan teknologi digital dalam meningkatkan dan memperkokoh wawasan kebangsaan, sebagaimana dicita-citakan para pemuda Indonesia 94 tahun yang lalu.

“Ilmu yang didapatkan peserta didik tidak saja diorientasikan untuk masa depan pribadinya, melainkan juga diproyeksikan untuk memberikan manfaat bagi kepentingan yang lebih luas, yaitu kemajuan bangsa Indonesia,” kata Mahfud MD.

“Saya meyakini, seluruh peserta didik dengan dukungan bapak, ibu guru di sekolah, mampu memperkuat wawasan kebangsaan, sehingga mereka selalu mengutamakan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan kelompok dan pribadi demi menjaga persatuan dan kesatuan bangsa,” kata Menko Polhukam menutup sambutannya.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) yang diwakili Plt. Direktur Guru Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus, Dr. H. Yaswardi, M.Si. memberikan apresiasi kepada Kemenko Polhukam yang telah menggagas Lomba Esai Digital ini.

Yaswardi berharap digitalisasi dapat digunakan oleh guru dan peserta didik untuk berkreasi dan berinovasi dalam rangka mempererat persatuan dan kesatuan bangsa, “Persatuan dan kesatuan harus kita wujudkan dalam momentum lomba esai ini,” kata Yaswardi.

Turut hadir dalam pembukaan yang dilaksanakan di Hotel JHL Solitaire Gading Serpong, Tangerang tersebut antara lain Deputi Bidang Koordinasi Komunikasi, Informasi dan Aparatur Kemenko Polhukam, Deputi Kebijakan Riset dan Inovasi BRIN, serta tiga narasumber yaitu Wien Muldian selaku Ketua Umum Perkumpulan Literasi Indonesia, Yosi Mokalu sebagai Ketua Siberkreasi, dan Prita Laura selaku Tenaga Ahli Madya Kantor Staf Presiden.

Deputi VII Bidang Koordinasi Komunikasi, Informasi, dan Aparatur

Terkait

Kirim Tanggapan