POLHUKAM - Kementerian Koordinator Bidang Polhukam RI

Pemerintah Akan Bentuk Tentara Cyber

By 19 May 2016 13:00Berita
20160517224841_IMG_3875

Menghadapi beragam ancaman dan tantangan global yang munculnya melalui dunia maya, pemerintah kini tengah menyiapkan tim tentara cyber, guna memerangi musuh yang tidak berada dalam dunia nyata melainkan maya. Hal ini diungkapkan oleh Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Rosita Niken Widiastuti dalam forum konsultasi dan komunikasi (FKK) Bakohumas yang membahas tentang bagaimana Indonesia menghadapi tantangan Global di Mabes TNI Cilangkap (18/05).

“Dirjen IKP tengah menyiapkan satu tim untuk membentuk cyber army atau tentara cyber karena musuh dari negara ini kan bukan sesuatu yang nyata, tetapi melalui peran paradigma, perang ideologi, untuk itu perlu ada tentara namun tentara cyber” katanya dalam forum tersebut.

Dalam penjelasannya mengenai pengelolaan informasi publik di era reformasi dan globalisasi di hadapan lebih dari seratus peserta, ia menjelaskan bahwa dalam pelaksanaannya nanti, IKP perlu mendapat arahan dari TNI. Karena TNI yang paling mengetahi ancaman apa yang tengah dihadapi Indonesia, dan apa strategi yang harus dilaksanakan oleh tentara cyber nantinya.

“Namun yang mengetahui ada ancaman apa dan bagaimana strateginya adalah bapak-bapak TNI. Untuk itu pada saatnya nanti kami mohon masukan untuk bagaimana langkah kita, strategi kita menghadapi ancaman yang ada di negara kita, itu semua ada di depan mata” tegasnya.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Pemerintah Akan Bentuk Tentara Cyber