POLHUKAM - Kementerian Koordinator Bidang Polhukam RI

PEMBINAAN GENERASI MUDA SALAH SATU SOLUSI PENYELESAIAN JANGKA PANJANG MASALAH PAPUA

By 18 Feb 2016 12:12Opini
featured-pancasila-1600×600

Author :: Fathian Haroem
Date :: Kamis 09/22/2011 @ 09:18
Dinamika politik di Papua terus bergulir. Kelompok separatis baik melalui sayap politik maupun sayap militernya terus berjuang dengan tujuan akhir Papua lepas dari NKRI. Sebetulnya jumlah mereka tidak banyak, namun kepiawaian mereka dalam memanfaatkan media, akhirnya kegiatan mereka dapat terekspose yang seolah-olah mendapat dukungan sejumlah besar masyarakat Papua.

Salah satu cara yang dilakukan dalam perjuangan politik adalah pelurusan sejarah berkaitan dengan Penentuan Pendapat Rakyat ( Pepera ) yang berlangsung dari tanggal 14 Juli hingga 2 Agustus 1969. Sudah jelas bahwa dalam Pepera, penduduk Irian Barat menyatakan tetap menjadi bagian tak terpisahkan dari NKRI, dan telah dikukuhkan oleh Majelis Umum PBB ke 24 melalui Resolusi Nomor 2504 pada tanggal 19 November 1969.

Jika kita cermati bersama, maka mereka yang berjuang demi kemerdekaan Papua sekarang ini usianya banyak yang masih di bawah 50 tahun, yang berarti pada saat Pepera mereka belum lahir atau masih sangat muda belia, yang belum paham dengan politik. Tetapi mengapa mereka menggugat soal Pepera. Menurut saya pelajaran Sejarah Perjuangan Bangsa, Kewarga Negaraan dan masalah-masalah yang berkaitan dengan kebangsaan perlu diberikan secara intensif kepada generasi muda. Generasi muda yang dimulai sejak Sekolah Dasar perlu ditanamkan dengan semangat ke Indonesiaan, sehingga dalam jangka panjang mereka secara mayakinkan merasa sebagai bangsa Indonesia. ( Fathian Haroem )

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

PEMBINAAN GENERASI MUDA SALAH SATU SOLUSI PENYELESAIAN JANGKA PANJANG MASALAH PAPUA