Kemenko Polhukam Tinjau Pemanfaatan Pulau Kecil di Lombok Utara

Dibaca: 57 Oleh Thursday, 26 October 2023November 1st, 2023Berita, Deputi IV Bidkor Hanneg
d12edbb5 b2fe 4a1b 9579 d087a2b421da

SIARAN PERS NO. 140/SP/HM.01.02/POLHUKAM/10/2023

Polhukam, NTB – Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan melalui Kedeputian IV Bidang Koordinasi Pertahanan Negara melaksanakan pemantauan lapangan pemanfaatan pulau-pulau kecil di Provinsi Nusa Tenggara Barat yakni Pulau Gili Trawangan dan Gili Air di Kabupaten Lombok Utara.

Deputi Bidkoor Pertahanan Negara Kemenko Polhukam Laksamana Muda TNI Kisdiyanto selaku Ketua Tim Gabungan Pengawasan, Penertiban dan Pengendalian Pemanfaatan Pulau-Pulau Kecil di Indonesia (TGP5KI) menyampaikan kegiatan ini bertujuan untuk pendalaman lapangan dalam memvalidasi data dan fakta.

“Kegiatan dilaksanakan dalam rangka pendalaman lapangan guna validasi data dan fakta permasalahan pemanfaatan pulau-pulau kecil dalam hal ini Pulau Gili Trawangan dan Pulau Gili Air. Hasil pemantauan lapangan akan ditindaklanjuti dengan Penerbitan Rekomendasi Kebijakan berupa solusi penanganan permasalahan tersebut,” ujar Laksda TNI Kisdiyanto saat peninjauan lapangan di Lombok Utara, NTB, Rabu (25/10/2023).

Deputi Bidkoor Hanneg Kemenko Polhukam mengungkapkan bahwa permasalahan pemanfaatan Pulau Gili Trawangan dan Pulau Gili Air diantaranya: Status pulau merupakan kawasan hutan, namun telah banyak terbit Hak Atas Tanah dan masifnya kegiatan usaha serta sudah mendekati batasan luasan pemanfaatan lahan pulau-pulau kecil, Pelaku-pelaku usaha banyak yang belum memiliki izin atau belum mengajukan perizinan pemanfaatan pulau-pulau kecil, dan Kerusakan lingkungan pulau kecil yakni abrasi.

“Permasalahan tersebut menjadi atensi bagi TGP5KI untuk segera dicarikan solusi permasalahannya, mengingat Gili Trawangan dan Gili Air merupakan Destinasi Pariwisata Nasional berdasarkan Perpres Nomor 84 Tahun 2021 tentang Rencan Induk Destinasi Pariwisata Nasional Lombok-Gili Tramena Tahun 2020-2044,” terangnya.

Dalam pemantauan lapangan tersebut, Deputi Bidkoor Pertahanan Negara didampingi K/L anggota TGP5KI dari Kemendagri, Kementerian Kelautan dan Perikanan dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta Wakil Bupati Lombok Utara. Pada kegiatan pemantauan lapangan juga dilakukan tatap muka secara langsung dengan beberapa Pelaku Usaha di Pulau Gili Trawangan dan Pulau Gili Air.

Humas Kemenko Polhukam RI

Terkait

Kirim Tanggapan


Skip to content Made with passion by Vicky Ezra Imanuel