Berita

Bela Negara, Kehormatan bagi setiap Warga Negara

Dibaca: 103 Oleh Senin, 30 Mei 2016Tidak ada komentar
Bela Negara, Kehormatan bagi setiap Warga Negara
#KemenkoPolhukam 

Membela negara merupakan suatu kehormatan dan tanggung jawab setiap warga negara. Hal ini diungkapkan oleh Menko Polhukam RI, Luhut Binsar Pandjaitan pada acara pelepasan Kader Bela Negara, Senin (30/05) di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta. “Bela negara merupakan suatu kehormatan bagi setiap warga negara, untuk melaksanakannya harus dengan kesadaran dan tanggung jawab penuh” ungkapnya dalam acara tersebut.

Menko Polhukam pun mengingatkan agar para kader Bela Negara memahami amanat konstitusi UUD 1945, pasal 27 ayat 3, tentang hak dan kewajiban warga negara dalam membela negara. Hal ini penting untuk menyikapi tantangan dunia secara global, terutama perubahan teknologi yang sangat cepat. “Kemajuan teknologi punya dampak positif dan negatif dalam pembangunan kedepan ini, ketahanan kita sebagai warga negara itu penting, oleh karena itu baik sekali (program) kader bela negara ini dijalankan” tegasnya.

Bagi menteri Luhut, generasi muda merupakan generasi kunci dalam menghadapi tantangan teknologi tersebut, karena generasi muda, hidup dan tumbuh dengan teknologi. “Generasimu sekarang generasi gadget, kalian yang bermain banyak dengan teknologi-teknologi tinggi, dan itu yang akan dihadapi pada era kalian, 20 tahun kedepan itu adalah era yang sangat cepat perubahannya” tambahnya.

Baca juga:  Ketum PGI ke Menko Polhukam: Kami Intruksikan Gereja Jadi Ruang Isolasi Mandiri

Sebelum melepas para kader bela negara, Menko Polhukam menggaris bawahi sejumlah tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia dalam masa kini dan kedepannya. Tantangan tersebut adalah kesenjangan ekonomi, terorisme dan radikalisme, serta narkoba. “Saat ini selain terorisme, masalah yang harus dihadapi adalah narkoba. Narkoba juga menjadi isu, generasimu menjadi penting, kalian menjadi ujung tombak menghadapi ini” ungkapnya dalam acara yang sama.

Kegiatan pelepasan kader bela negara juga dihadiri undangan dari pimpinan Ormas, para Deputi Kemenko Polhukam, Staf Ahli dan Staf Khusus Kemenko Polhukam serta peserta Diklat Bela Negara yang terdiri dari 90 orang baik dari Kementerian/Lembaga maupun Organisasi Masyarakat lainnya.

Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Kader Bela Negara tahun 2016 terselenggara atas kerjasama Kemenko Polhukam dan Kementerian Pertahanan. Kegiatan ini akan berlangsung selama 5 hari bertempat di Pusdiklat Bela Negara, Badiklat Kemhan, Cibodas, Bogor, Jawa Barat.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel