POLHUKAM - Kementerian Koordinator Bidang Polhukam RI

Menko Polhukam dan Kepala BNN Mendampingi Presiden RI Musnahkan Barang Bukti Narkotika

By 06 Dec 2016 15:36Berita
bnn

Sebagai wujud nyata kehadiran negara dalam menyelamatkan generasi bangsa dari ancaman penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika, Presiden Joko Widodo bersama dengan Menko Polhukam Wiranto, Kepala BNN ( Badan Narkotika Nasional ) Budi Waseso serta aparat penegak hukum lainnya memusnahkan barang bukti narkotika hasil penindakan kejahatan narkotika sejak dua bulan terakhir, di Silang Merdeka Barat Daya, Monas, Jakarta Pusat, pada Selasa (6/12).

Barang bukti narkotika yang dimusnahkan pada pemusnahan barang bukti ke-15 di tahun 2016 ini berupa 445 Kg sabu, 190.840 butir ekstasi, 422 Kg ganja, dan 323.000 butir Erimin Five, dari 29 tersangka. Barang bukti narkotika ini merupakan hasil penindakan BNN bekerja sama dengan Bea dan Cukai pada periode Oktober – November 2016, serta hasil penindakan kejahatan narkotika yang dilakukan oleh POLRI.

Sejak Januari hingga November 2016, BNN telah mengungkap 96 kasus dan mengamankan 196 orang tersangka, dengan barang bukti yang disita berupa 990 Kg sabu, 3 Ton 51 Kg ganja, 616.534 butir ekstasi. Pada periode tersebut, BNN juga telah mengungkap 21 kasus Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) hasil kejahatan narkotika dengan total nilai aset mencapai Rp 261.863.413.345,-.

Keberhasilan BNN dalam mengungkap kejahatan narkotika ini merupakan wujud sinergitas yang telah dilakukan BNN dengan aparat penegak hukum lainnya, seperti Polri, TNI, Bea dan Cukai, Kejaksaan Agung, serta Kementerian Hukum dan HAM. Tak hanya itu, keberhasilan ini juga didukung oleh lembaga negara lainnya, seperti PPATK, OJK, dan Bank Indonesia dalam mengungkap perputaran uang bernilai fantastis hasil berbisnis narkotika.

Dengan komitmen dan kerja sama yang baik dalam upaya pemberantasan narkotika di Indonesia, BNN optimis peredaran gelap narkotika dapat diberantas hingga ke akar-akarnya, mulai dari pengedar, bandar, hingga jaringan internasional. BNN juga berharap sinergitas seperti ini tidak hanya pada aparat penegak hukum dan instansi terkait saja tetapi juga dengan seluruh komponen bangsa.

Oleh karena itu, BNN mengimbau seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama ‘angkat senjata’ perang melawan narkotika! Dengan melakukan pemusnahan barang bukti pada hari ini, sebanyak +/- 3.000.000 anak bangsa dapat terselamatkan dari penyalahgunaan narkotika.

Sumber: Humas Bnn RI
#stopnarkoba

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Menko Polhukam dan Kepala BNN Mendampingi Presiden RI Musnahkan Barang Bukti Narkotika