POLHUKAM - Kementerian Koordinator Bidang Polhukam RI

Menko Polhukam Apresiasi Ombudsman RI Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik

By 10 Dec 2018 Berita
WhatsApp_Image_2018-12-10_at_18.00.56

Polhukam, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto mengapresiasi Ombudsman RI karena telah menyelesaikan satu kegiatan berskala nasional dan menjadi tolak ukur utama kinerja pelayanan publik.

“Banyaknya testimoni masyarakat atas penyelesaikan masalah mereka setelah ditangani Ombudsman, menunjukan bahwa Ombudsman telah menghadirkan upaya kongkrit dalam peningkatan kualitas pelayanan publik bagi masyarakat,” jelas Wiranto saat memberikan ucapan sambutan di acara penyerahan penghargaan Predikat Pelayanan Kepatuhan tahun 2018, Jakarta, Senin (10/12/2018).

Menko Polhukam mengungkapkan bahwa apa yang telah dilakukan oleh Ombudsman sejalan dengan harapan masyarakat terhadap pelayanan oleh penyelenggara negara dan pemerintah yang semakin berkualitas serta berkelanjutan.

“Ombudsman harus tetap berpihak pada kepentingan masyarakat luas dan sekaligus menjadi referensi bagi penyelenggara (Kementerian/Lembaga) dalam memperbaiki layanan publiknya,” jelas Menko Polhukam.

Menurutnya, kurang dari 4 bulan lagi kita akan melaksanakan hajatan nasional Pemilihan Umum secara serentak. Pemilu juga merupakan salah satu pelaksanaan demokrasi yang paling rumit karena dalam satu pemilihan warga negara memilih pimpinan Eksekutif dan Legislatif secara bersamaan.

“Untuk itu, Ombudsman, para Menteri, Pimpinan Lembaga, Gubernur, Bupati, dan Walikota berperan aktif dalam menyukseskan pemilu tersebut. Pelayanan publik tidak boleh terganggu dan hak-hak masyarakat harus tetap terpenuhi secara memadai,” tegasnya.

Menko Polhukam berharap Ombudsman dapat meningkatkan energi dan kewenangan pengawasannya di tahun 2019, termasuk turut berperan menjaga netralitas Pemilu.

“Bagi Ombudsman, tetaplah kokoh di jalan yang benar untuk pelayanan publik dan kesejahteraan masyarakat yang lebih baik. Selamat dan terus berjuang, rakyat pasti menantikan peran Ombudsman yang lebih besar lagi,” ungkap Menko Polhukam.

Biro Hukum, Persidangan dan Hubungan Kelembagaan
Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Menko Polhukam Apresiasi Ombudsman RI Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik