POLHUKAM - Kementerian Koordinator Bidang Polhukam RI

Menko Polhukam: Aksi Bom Kp. Melayu Punya Kesamaan Karakter Dengan Bom Teroris di Berbagai Negara Pada Dewasa Ini

By 26 May 2017 07:32Berita
WhatsApp Image 2017-05-24 at 14.55.03

JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan, Wiranto mengutuk keras serangan bom bunuh diri yang terjadi di terminal Kampung Melayu, Jakarta Timur pada Rabu, 24 Mei 2017 malam. Dikatakan, aksi bom di Kampung Melayu memiliki kesamaan karakter dengan aksi bom yang ada di London.
“Aksi bom di Manchester Inggris dan di Kampung Melayu walaupun pelakunya berbeda namun memiliki kesamaan karakter, yaitu pertama untuk menunjukan eksistensi mereka dan yang kedua untuk membuat korban sebesar-besarnya serta pada akhirnya mengancam eksistensi negara,” kata Menko Polhukam Wiranto saat ditemui di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Jakarta, usai menghadiri Pertemuan Pejabat Tinggi yang Bertanggungjawab Terhadap Masalah Keamanan di Arab Saudi dan di Rusia, Kamis (25/5).

Pertemuan di kedua negara yang dihadiri Menko Polhukam dan Kepala BNPT tersebut pada intinya menggunakan semua negara untuk menggalang kerjasama penanggulangan terorisme yang sudah dianggap musuh bersama.

Mewaspadai perkembangan konsolidasi ISIS di kepulauan Sulu Philipina selatan, Menko Polhukam mengatakan bahwa Indonesia dan Australia dari awal sudah mewaspadai informasi mengenai pengembangan ISIS yang menggunakan konsep divergensi yaitu, menyebarkan kekuatan ke semua wilayah setelah basis ISIS di Suriah digempur.

Untuk itu, Indonesia dan Australia sepakat untuk menggalang kerjasama yg lebih kuat untuk menetralisir konsolodasi  ISIS di sekitar perairan Sulu. Adapun negara yang akan tergabung dalam kerjasama tersebut yaitu Indonesia, Australia, New Zeland, Malaysia, Brunai dan Filipina.

“Negara-negara ini bersama-sama fokus untuk menangani kemungkinan adanya pengembangan ISIS di Asia Tenggara, khususnya di perairan Sulu atau di Filipina Selatan,” kata Menko Polhukam.

Menko Polhukam: Aksi Bom Kp. Melayu Punya Kesamaan Karakter Dengan Bom Teroris di Berbagai Negara Pada Dewasa Ini

02 min