Menko Polhukam Ajak Mahasiswa Unhas Wujudkan Indonesia Emas

Dibaca: 89 Oleh Thursday, 2 November 2023Menko Polhukam, Berita
WhatsApp Image 2023 11 02 at 10.37.29 AM

SIARAN PERS NO. 150/SP/HM.01.02/POLHUKAM/11/2023

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Moh. Mahfud MD ajak mahasiswa Universitas Hasanuddin Makassar untuk menjaga Indonesia demi terwujudnya Indonesia Emas di tahun 2045 mendatang.

Hal ini disampaikan Menko Polhukam saat memberikan sambutan kunci pada Pembukaan National Leadership Camp ICMI Universitas Hasanuddin, Makassar, Kamis (2/11/2023).

“Jagalah negara ini agar betul-betul sampai ke 2045. Karena bisa saja Indonesia tidak sampai ke 2045 kalau kita tidak menjaga, kalau terjadi disintegrasi,” kata Menko Mahfud.

Menurutnya, salah satu kunci untuk menjaga agar integrasi itu kokoh adalah dengan penegakan hukum dan keadilan berdasarkan demokrasi yang substantif.

“Hukum dan keadilan itu kunci,” tegas Mahfud.

Dikatakan, ada empat tahapan kenapa ketidakadilan dapat menyebabkan kehancuran suatu bangsa. Pertama, disorientasi atau penyimpangan ideologi. Jika disorientasi terjadi maka akan timbul distrust atau ketidakpercayaan.

Kalau sudah muncul disorientasi lalu distrust, maka akan muncul disobedience atau pembangkangan.

“(Disobedience) itu melawan keputusan pemerintah. Kalau orang diperlakukan tidak adil, (maka akan) melawan. Kalau disobedience ini dibiarkan terus, tidak diperbaiki, akan terjadi disintegrasi sehingga bisa saja 2030 Indonesia itu sudah tidak ada,” ungkap Mahfud.

Oleh karena itu, Mahfud mengajak para calon pemimpin bangsa untuk memperjuangkan tegaknya hukum dan keadilan di bawah panji-panji demokrasi yang bermartabat.

Di kesempatan yang sama, sebagai Menko Polhukam dirinya mengajak para mahasiswa untuk mengikuti pemilihan umum sebagai salah satu upaya menjaga bangsa demi terjaganya kepemimpinan yang berkesinambungan.

“Saya datang ke sini sebagai Menko dan saya tau politik kita itu masing-masing berbeda, silahkan saja. Saya anjurkan saudara ikut Pemilu, memilih siapa, terserah. Saudara bisa google apa yang saudara perlukan, pilih yang bisa wakili saudara. Ini yang cocok mewakili saya, ini yang cocok memimpin saya agar nanti kepemimpinan itu berkesinambungan untuk mengelola indonesia,” ungkap Menko Mahfud.

Humas Kemenko Polhukam RI

Terkait

Kirim Tanggapan

Skip to content Made with passion by Vicky Ezra Imanuel