POLHUKAM - Kementerian Koordinator Bidang Polhukam RI

Kunjungan Kerja ke Nauru, Menko Polhukam Hadiri Peringatan HUT Nauru ke 50 dan Pertemuan Bilateral dengan Sejumlah Kepala Negara di Wilayah Melanesia

By 30 Jan 2018 11:44 Berita
IMG-20180130-WA0001

Polhukam, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto bertolak menuju Republik Nauru dari Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Senin (29/1) malam. Kunjungan kerja tersebut dalam rangka menghadiri HUT Republik Nauru ke 50 serta melakukan pertemuan bilateral dengan sejumlah Kepala Negara.

Menko Polhukam tiba di Nauru pada pukul 15.30 waktu setempat. Ia beserta rombongan disambut oleh Pejabat Setingkat Menteri Konstruksi dan Port Authority dan Perikanan dengan sambutan tradisional “Rua”, yaitu sambutan chanting pejuang tradisional Nauru.

Usai sambutan, Menko Polhukam Wiranto menuju hotel. Di sana, ia melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Tuvalu, Enele Sopoaga dan Presiden Vanuatu, Tallis Obed Moses yang diakhiri dengan penyerahan cinderamata.

Malam harinya, Menko Polhukam mengikuti kegiatan kebudayaan. Tim kesenian dari Indonesia juga turut mengisi acara tersebut.

Keesokan harinya, Menko Polhukam mengikuti upacara pengibaran bendera Republik Nauru dalam rangka Memperingati HUT Nauru ke 50. Upacara tersebut turut dihadiri Presiden Nauru Y. M. Baron Divavesi Waqa dan istri, Gubernur Jenderal Australia, Sir Peter Cosgrove, dan delegasi lainnya.

Usai upacara, Menko Polhukam menghadiri kegiatan pengenalan bulutangkis dengan masyarakat Nauru. Kemudian dilanjutkan dengan melaksanakan pertemuan bilateral dengan Presiden Nauru, Baron Divavesi Waqa dan Presiden Kiribati, Taneti Mamau.

Selain itu, Menko Polhukam juga melaksanakan pertemuan bilateral dengan perwakilan dari Papua Nugini, Sekjen Forum Kepulauan Pasifik Dame Meg Taylor, Presiden Fiji George Konrote, dan Wakil Perdana Menteri Samoa Fiame Mataafa Naomi.

Kegiatan hari kedua Menko Polhukam di Nauru ditutup dengan menghadiri acara State Banquet hoasted by President Nauru.

Hari ketiga, Menko Polhukam bersama rombongan meninggalkan Nauru untuk menuju Jakarta.

Turut mendampingi dalam kunjungan tersebut Deputi Bidang Politik Dalam Negeri Kemenko Polhukam Andrie Soetarno TU, Deputi Politik Luar Negeri Kemenko Polhukam Lutfi Rauf, Dirjen Apasaf Kemenlu Desra Percaya, Dirjen IKP Kemenkominfo Rosita Niken Widastuti, Ketua Kadin Rosan Perkasa R, Bais TNI Didik Kurniawan, Dirjen BAK Kemendagri Eko Subowo, dan sejumlah perwakilan kementerian dan lembaga terkait.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Kunjungan Kerja ke Nauru, Menko Polhukam Hadiri Peringatan HUT Nauru ke 50 dan Pertemuan Bilateral dengan Sejumlah Kepala Negara di Wilayah Melanesia