Kemenko Polhukam Pantau Perkembangan Isu-isu Strategis di Sulawesi Utara

Dibaca: 61 Oleh Tuesday, 19 March 2024Berita, Deputi IV Bidkor Hanneg
7f6327bc 22e3 4216 bf88 695bd7c0cd53

SIARAN PERS NO. 43/SP/HM.01.02/POLHUKAM/3/2024

Polhukam, Manado – Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan melalui Kedeputian Bidang Koordinasi Pertahanan Negara pantau perkembangan isu strategis bidang kekuatan, kemampuan, dan kerja sama pertahanan di Provinsi Sulawesi Utara.

“Provinsi Sulawesi Utara menjadi salah satu daerah yang memberikan kontribusi yang besar di bidang kemaritiman, karena melalui bidang tersebut menjadi sumber pendapatan masyarakat,” jelas Deputi Bidkoor Pertahanan Negara Kemenko Polhukam Laksda TNI Kisdiyanto saat membuka rapat koordinasi di Manado, Selasa (19/3/2024).

Deputi Bidkoor Pertahanan Negara menyampaikan bahwa Provinsi Sulawesi Utara memegang peranan penting dalam memperkuat pertahanan di ALKI 2 dalam mendukung pertahanan Ibu Kota Negara Nusantara pada strategi pertahanan mendalam.

“Urgensi kegiatan ini untuk pemantauan terhadap pembangunan kekuatan, kemampuan dan gelar kekuatan TNI di Wilayah Sulawesi Utara dan dukungan terhadap pertahanan sistem IKN,” ungkapnya.

Laksda TNI Kisdiyanto memaparkan dari arah Timur Pulau Kalimantan di Selat Makassar termasuk ALKI II memiliki titik kerawanan seperti bagian Utara yaitu wilayah perairan Ambalat dan Laut Sulawesi yang rentan terhadap pelanggaran kedaulatan wilayah perbatasan laut serta potensi aktivitas terorisme maritim.

“Mari kita bersama-sama berkontribusi dan berkoordinasi dengan baik untuk mencapai tujuan strategis ini,” tutupnya.

Humas Kemenko Polhukam RI

Terkait

Kirim Tanggapan


Skip to content Made with passion by Vicky Ezra Imanuel