Berita Utama

Kemenko Polhukam Menghadiri FGD Bahas Peningkatan Capaian IDI 2019 di Sumatera Utara

Whatsapp Image 2019 04 29 At 16.48.18
#KemenkoPolhukam 

Polhukam, Medan – Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenko Polhukam) melalui Kedeputian I Bidang Koordinator (Bidkoor) Politik Dalam Negeri (Poldagri) menghadiri Focus Group Discussion (FGD) tentang Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) di Medan, Sumatera Utara, Senin (29/4/2019).

Hadir pada kegiatan dimaksud Asisten Deputi Koordinasi Demokrasi dan Ormas, Brigjen Pol Drs. Budi Susanto, Asisten Deputi Koordinasi Penguatan Parpol dan Pemilu, Brigjen TNI Tedi Rustendi, S.Sos, dan seluruh anggota Pokja IDI Provinsi Sumatera Utara yang terdiri dari unsur Pemda, aparat TNI/Polri, Universitas, media massa, mahasiswa, dan lain-lain.

Pada pembukaan acara, Brigjen Pol Drs. Budi Susanto menyampaikan bahwa target pencapaian IDI yang telah diamanatkan oleh Pemerintah melalui Perpres Nomor 2 Tahun 2015 sedapat mungkin harus dicapai mengingat Tahun 2019 ini merupakan tahun terakhir periode Kabinet Kerja dan tahun terakhir RPJMN 2015-2019.

“Karenanya, setiap pihak di daerah sedapat mungkin memberikan sumbangsih pemikiran dan masukannya guna meningkatkan capaian IDI di Provinsi Sumatera Utara,” jelas Brigjen Pol Drs. Budi Susanto kepada perserta FGD.

Kenaikan capaian IDI Sumatera Utara diharapkan akan memacu kenaikan capaian IDI di tingkat nasional. FGD IDI sendiri merupakan salah satu rangkaian penyusunan IDI di daerah yang dilaksanakan guna membahas dan mendalami kasus-kasus terkait IDI yang ditemukan oleh para enumerator BPS Provinsi selama kurun waktu 1 Januari sampai dengan 31 Desember 2018.

“Diharapkan, melalui FGD tersebut diperoleh pendalaman data, konfirmasi sekaligus klarifikasi dari stake holder di daerah yang paham betul mengenai dinamika sosial-politik di daerahnya,” terangnya.

Biro Hukum, Persidangan dan Hubungan Kelembagaan
Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan

Berita Terkait

Komentar