Kemenko Polhukam Kawal Ketat Rekomendasi Menko Polhukam Terkait Pembangunan Pertahanan dan Keamanan IKN

Dibaca: 59 Oleh Monday, 11 December 2023Berita, Deputi IV Bidkor Hanneg
ec2c78a9 ebf7 480c 94e8 d5657905d9ce

SIARAN PERS NO. 176/SP/HM.01.02/POLHUKAM/12/2023

Polhukam, Jakarta – Deputi Bidang Koordinasi Pertahanan Negara Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan menekankan bahwa Kemenko Polhukam akan mengawal ketat implementasi pengintegrasian aspek pertahanan dan keamanan, dalam rangka proses pembangunan Bandara VVIP Ibu Kota Negara (IKN) sesuai dengan Rekomendasi Menko Polhukam.

“Terbangunnya Bandara yang tidak hanya berfungsi dalam mendukung kegiatan pemerintahan IKN, namun juga mampu mendukung pengamanan Kepala Negara/Kepala Pemerintahan atau setingkatnya dan Wakil Presiden/Wakil Kepala Pemerintahan, serta meningkatkan pertahanan udara IKN Nusantara,” ungkap Deputi Bidkoor Pertahanan Negara (Hanneg), Laksda TNI Kisdiyanto pada sambutan kegiatan “Rapat Koordinasi Membahas Tindak Lanjut Rekomendasi Kebijakan Menko Polhukam” di Jakarta, Senin (11/12/2023).

Sebelumnya, Kemenko Polhukam telah menerbitkan 2 (dua) rekomendasi kebijakan, yaitu Rekomendasi Kebijakan dalam rangka Pengawalan/Pengendalian Desain Sistem Pertahanan Ibu Kota Negara Nusantara sesuai Surat Menko Polhukam Nomor: B-199/HN.02/9/2023 tanggal 12 September 2023).
Selanjutnya, Rekomendasi Kebijakan dalam rangka mendukung Penyelesian Batas Negara sesuai Surat Menko Polhukam Nomor: R-30/HN.02/10/2023 tanggal 19 Oktober 2023).

Rapat koordinasi tersebut juga membahas terkait penyelesaian batas darat negara RI-Malaysia yang harus diselesaikan pada pertengahan tahun 2024. “Sesuai Joint Statement Presiden Jokowi dan PM Anwar Ibrahim tanggal 8 Juni 2023 di Kuala Lumpur, agar seluruh permasalahan agar diselesaikan sebelum waktu penandatangan MoU dilaksanakan pada Juni 2024,” jelas Kisdiyanto.

Deputi Bidkoor Hanneg menekankan agar seluruh Kementerian dan Lembaga dapat lebih berperan aktif dalam upaya penyelesaian batas RI-Malaysia Sektor Timur.

Kisdiyanto menambahkan bahwa secara berkala pada awal 2024, Kemenko Polhukam akan melakukan monitoring terkait dua rekomendasi tersebut. “Para K/L terkait dapat melaporkan secara berkala progress report kepada Menko Polhukam dalam hal ini Deputi Bidkoor Pertahanan Negara,” tutur Deputi Bidkoor Hanneg.

Humas Kemenko Polhukam RI

Terkait

Kirim Tanggapan

Skip to content Made with passion by Vicky Ezra Imanuel