Siap diresmikan, Kemenko Polhukam Tinjau PLBN Jagoi Babang

Dibaca: 125 Oleh Thursday, 14 December 2023Berita, Deputi IV Bidkor Hanneg
7f731f14 b285 4922 8195 f17e9e120399

SIARAN PERS NO. 179/SP/HM.01.02/POLHUKAM/12/2023

Perbatasan negara memiliki peranan penting dalam rangka keutuhan wilayah dan kedaulatan negara. Pengelolaan wilayah perbatasan pun menjadi cerminan suatu negara menjaga dan mengamankan wilayah kedaulatannya.

Demikian pernyataan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan selaku Ketua Pengarah Badan Nasional Pengelola Perbatasan sekaligus Pengarah dan Pengawas Umum Pembangunan PLBN Terpadu yang dibacakan oleh Deputi Bidang Koordinasi Pertahanan Negara, Laksda TNI Kisdiyanto dalam kunjungan kerja di PLBN Jagoi Babang, Kalimantan Barat, Rabu (13/12/2023).

“Keberadaan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Terpadu merupakan salah satu upaya negara untuk mengelola perbatasannya, karena merupakan pintu masuk gerbang perbatasan negara,” ujar Kisdiyanto.

Sesuai dengan Inpres No. 1 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan 11 PLBN Terpadu dan Sarana Prasarana Penunjang di Kawasan Perbatasan, PLBN Terpadu Jagoi Babang merupakan salah satu PLBN pembangunan fisiknya telah selesai 100%.
“PLBN Jagoi Babang merupakan PLBN dengan status tipe B yang telah beroperasi dengan unsur Customs, Imigration, Quarantine and Security (CIQS),” terang Deputi Bidkoor Hanneg.

Kisdiyanto menambahkan bahwa PLBN Jagoi Babang melaksanakan fungsi pelayanan aktivitas lintas batas negara baik perlintasan orang maupun barang serta pertahanan dan keamanan negara.

Pada kesempatan tersebut, Deputi Bidkoor Hanneg berharap kepada para instansi terkait, dapat berperan aktif dalam mengoptimalkan serta memajukan perekonomian di kawasan perbatasan PLBN Jagoi Babang. “Supaya manfaatnya dapat dirasakan untuk kesejahteraan masyarakat sekitar, kedepannya, PLBN Jagoi Babang diharapkan dapat mampu tumbuh mendukung pelayanan aktivitas kegiatan perekonomian seiring dengan tumbuhnya sektor ekonomi di perbatasan,” ujar Kisdiyanto.

Deputi Bidkoor Hanneg pun memandang PLBN ini perlu untuk segera diresmikan. “Melihat dari hasil pembangunan fisik serta pengoperasian PLBN, Menko Polhukam akan segera melaporkan kepada Presiden untuk dapatnya sekiranya meresmikan PLBN Jagoi Babang ini,” jelas Kisdiyanto.

Deputi Bidkoor Hanneg pun meyakini bahwa seluruh K/L terkait akan berusaha dan bersatu padu agar semua yang dilakukan untuk mengelola dan membangun perbatasan dapat terlaksana dengan baik. “Dengan sinergitas dan kerjasama seluruh K/L, pemprov dan pemda, saya yakin akan terwujudnya perbatasan negara sebagai kawasan yang aman, berdaulat, dan berdaya saing seperti yang kita inginkan,” tutur Deputi Bidkoor Hanneg menutup sambutan.

Humas Kemenko Polhukam RI

Terkait

Kirim Tanggapan

Skip to content Made with passion by Vicky Ezra Imanuel