Kemenko Polhukam Koordinasi Membahas Isu Strategis Identifikasi Permasalahan Penataan Gelar Kekuatan TNI Di Provinsi Aceh

Dibaca: 78 Oleh Thursday, 23 May 2024Berita, Deputi IV Bidkor Hanneg
IMG 20240523 WA0003

SIARAN PERS NO. 117/SP/HM.01.02/POLHUKAM/5/2024

Polhukam, Aceh – Kemenko polhukam melalui Deputi bidkoor Hanneg Keasdepan Koordinasi Kekuatan, Kemampuan dan Kerja Sama Pertahanan melaksanakan rapat koordinasi membahas isu strategis identifikasi permasalahan penataan gelar kekuatan TNI di provinsi Aceh serta melaksanakan kunjungan kerja ke Guskamla Koarmada 1 Sabang dan Lanud Sultan Iskandar Muda.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagaimana amanat Inpres RI Nomor tahun 2017 dan Perpres RI Nomor 3 tahun 2020 tentang Kemenko Polhukam. Dengan memperhatikan arahan dan petunjuk Presiden pada Rapat Terbatas tentang Sinkronisasi Gelar Tentara Nasional Indonesia dengan Pembangunan Nasional pada tanggal 12 Januari 2017 kepada Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan dan perubahan paradigma pembangunan nasional yang tidak lagi bersifat Jawa-sentris, tetapi bersifat Indonesia-sentris.

Urgensi kegiatan dari kegiatan tersebut adalah untuk meninjau ke lapangan dan mengumpulkan data serta sinkronisasi penataan gelar kekuatan TNI dengan pembangunan nasional antara TNI baik TNI AD, TNI AL dan TNI AU dihadapkan dengan strategi pertahanan pulau-pulau besar maupun strategi pertahanan berlapis guna mendukung pembangunan nasional di Provinsi Aceh serta dukungan TNI dalam menangani isu strategis Nasional.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh TNI yang tergelar di Provinsi Aceh yaitu mendukung Implementasi Perpres Nomor 125 Tahun 2016 dan Keputusan Menko Polhukam Nomor 25 Tahun 2024 dalam rangka penanganan terhadap pengungsi Rohingya di Provinsi Aceh. Kegiatan ini bagian dari pelaksanaan tugas TNI sesuai amanat dari UU No 34 tahun 2004 tentang TNI khususnya terkait dengan kegiatan OMSP Dimana diantaranya tentang tugas perbantuan kepada Pemda dan Kepolisian.

Kegiatan ini diikuti oleh Perwakilan dari Pangdam IM, Danguskamla Koarmada I, Danlanal Lhokseumawe, Danlanal Simeulue, Danlanal Sabang, Danlanud Sultan Iskandar Mdua, Kakesbangpol Pemda Propinsi Aceh, Danpolairud Polda Aceh, Kadis Sosial Pemda Propinsi Aceh, Kabinda Aceh, dan Kepala SAR Propinsi Aceh.

Terkait

Kirim Tanggapan


Skip to content Made with passion by Vicky Ezra Imanuel