POLHUKAM - Kementerian Koordinator Bidang Polhukam RI

JANGAN SERIUS YANG SATU LUPAKAN YANG LAIN ( SOAL PENEMBAKAN TKI DI MALAYSIA )

By 18 Feb 2016 13:55Opini
featured-pancasila-1600×600

Author :: Fathian Haroem
Date :: Jumat 04/27/2012 @ 09:26
Sungguh mengenaskan dan sangat menyakitkan. Itulah ungkapan yang bisa saya sampaikan ketika mendengar berita adanya tiga TKI ditembak mati oleh Polisi Malaysia dan diduga dicuri organ tubuhnya. Mengapa ditembak mati ?. Rakyat Merdeka (26/4/2012) memberitakan bahwa berdasarkan keterangan polisi Malaysia, para TKI ditembak karena melakukan perlawanan saat dicurigai ingin melakukan pencurian. Apapun alasannya penembakan itu menabrak prespektif penegakan HAM. Kasus ini bukan saja pelecehan terhadap TKI, tetapi juga terhadap martabat bangsa Indonesia.

Lalu harus bagaimana ?. Polisi RI memang sedang mengusut kasus ini, sudah melakukan otopsi terhadap jenazah yang diduga dicuri organ tubuhnya, dan langkah polisi ini sudah ramai diberitakan. Hanya saja saya khawatir kita hanya serius mengusut tentang pencurian organ tubuh para TKI tersebut, tetapi melupakan kasus penembakan. Keterangan polisi Malaysia yang mengatakan bahwa mereka menembak karena para TKI melawan perlu dipertanyakan dan diusut sampai tuntas. Jadi kedua-duanya harus diusut baik yang menyangkut dugaan pencurian organ maupun kasus penembakan.

 

Kasus terkait antara Indonesia dan Malaysia memang sudah cukup banyak, dan berkali-kali pihak Indonesia selalu dilecehkan, dan kondisi ini harus segera diakhiri. Sulit memang untuk mengakhirinya, karena kenyataannya bangsa Indonesia sedang terpuruk, kurang berwibawa di mata internasional, hampir tidak ada yang bisa dibanggakan. Tapi kita harus bisa. Selesaikan persoalan demi persoalan sesuai dengan aturan hukum dan kita harus tegas. Semoga bangsa kita dapat berhasil menuai kejayaan seperti jaman Majapahit tempo dulu. ( Fathian Haroem, 27/4/2012 )

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

JANGAN SERIUS YANG SATU LUPAKAN YANG LAIN ( SOAL PENEMBAKAN TKI DI MALAYSIA )