Menko PolhukamBeritaDeputi IV Bidkor Hanneg

Ke Pulau Rondo Ujung Barat Indonesia, Menko Polhukam: Kita Jaga NKRI dengan Penuh Pengabdian

Dibaca: 32 Oleh Wednesday, 21 December 2022December 27th, 2022Tidak ada komentar
2112e
#KemenkoPolhukam 
SIARAN PERS NO. 209/SP/HM.01.02/POLHUKAM/12/2022
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, kembali mengunjungi pulau terluar Indonesia. Menko Polhukam yang juga Ketua Pengarah Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) bersama Mendagri yang juga Kepala BNPP, kali ini menyambangi pos Pengamanan Pulau Terluar (Pamputer) di pulau Rondo, pulau terluar yang masuk dalam wilayah Sabang, Provinsi Aceh. Pulau yang tidak berpenghuni ini, dijaga oleh 34 prajurit TNI dari Korps Marinir. Mahfud datang dan berdialog dengan mereka.
“Jagalah NKRI ini dengan penuh pengabdian dan tanggung jawab,” papar Menko Mahfud saat memberi arahan pada anggota Satgas Pamputer, di Pulau Rondo, Rabu (21/12).
Mahfud MD bersama Tito Karnavian, kali ini ditemani juga oleh Ketua Komisi II DPR RI, Ketua Baznas RI, Pejabat Gubernur Aceh, Kapolda Aceh, dan beberapa pejabat terkait, terbang dengan Helikopter dari Bandara Sultan Iskandar Muda, dan tiba di Pulau Rondo pukul 11.05 WIB.
Kunjungan Mahfud dan para pejabat ke pulau terluar ini juga tidak terlepas dari penegasan pemerintah sebelumnya terkait Kepulauan Widi di Maluku Utara, bahwa pemerintah tidak akan pernah menjual pulau kepada pihak asing.
Di pulau terluar Indonesia yang terletak di Laut Andaman dan berbatasan dengan Kepulauan Nikobar, India ini, Mahfud menegaskan, dirinya memahami berbagai kesulitan yang dihadapi para petugas di pulau terluar tersebut. Mahfud meminta para petugas tetap optimis, karena pemerintah punya tekad yang kuat membangun Indonesia dari pinggiran.
“Saya tahu banyak kesulitan yang kalian hadapi, seperti yang disampaikan kepada kami, tetapi itu adalah bagian pengabdian kepada negara,” tambah Mahfud yang sebelumnya juga mengunjungi sejumlah daerah perbatasan dan pulau terluar, seperti di Miangas Sulut, Sota Merauke, dan Motaain NTT.
Mahfud mengaku telah banyak mendapat laporan sebelumnya, serta telah melihat langsung kondisi pos Pengamanan Pulau Terluar di wilayah ini.
“Kita banyak mendapat laporan, melihat sendiri secara fisik. Tentu kita akan memberi catatan-catatan khusus untuk diperbaiki pengelolaannya dan penjagaannya, sehingga dari waktu ke waktu semakin maju,” tambah Mahfud.
Sebelum meninggalkan Pulau Rondo, Mahfud kembali berpesan kepada para petugas agar menjaga wilayah terluar Indonesia dengan penuh keikhlasan dan pengabdian.
“Kepada adik-adik TNI dan aparat lain yang bertugas disini, saya mengucapkan tetaplah bekerja dengan penuh keikhlasan demi pengabdian kepada bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” pinta Mahfud.
Usai mengunjungi Pulau Rondo, Mahfud MD beserta rombongan terbang menuju Bandara Maimun Saleh, selanjutnya menghadiri acara di Kota Sabang dan berlanjut ke Tugu Titik Nol Kilometer di Sabang. (*)

Terkait

Kirim Tanggapan