E-Ko Polhukam, Aplikasi Elektronik Pengukur Indeks Koordinasi Bidang Polhukam Resmi Diluncurkan

Dibaca: 30 Oleh Wednesday, 18 October 2023October 20th, 2023Berita
WhatsApp Image 2023 10 17 at 19.06.51

SIARAN PERS NO. 128/SP/HM.01.02/POLHUKAM/10/2023

Polhukam, Bogor – Sebagai media untuk mengukur capaian pelaksanaan tugas dan fungsi Kementerian Koordinator Bidang Politik Hukum, dan Keamanan, secara resmi telah diluncurkan Aplikasi Elektronik Indeks Koordinasi Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (E-KO Polhukam).

“Aplikasi E-KO Polhukam yang akan kita launching pada hari ini merupakan salah satu media atau alat yang kita bangun untuk menopang dan memperkuat implementasi IKO Polhukam,” ujar Asmarni selaku Staf Ahli Bidang Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup Kemenko Polhukam saat acara peluncuran di Bogor, Jawa Barat, Selasa (17/10/2023).

IKO-Polhukam memiliki arti penting secara internal dan eksternal. Secara internal, IKO-Polhukam diharapkan dapat mengukur tusi koordinasi, sekaligus bisa menjadi radar dalam melihat tantangan dan hambatan pelaksanaan tugas dan fungsi Kemenko Polhukam ke depan.

Sedangkan secara eksternal, IKO-Polhukam ini dapat menjadi tolok ukur keterlibatan dan tingkat kepatuhan masing-masing K/L dalam menindaklanjuti rekomendasi dan/atau kesepakatan bersama.

Untuk itu, IKO Polhukam yang telah disusun sebelumnya perlu ditopang dengan instrumen, sarana, dan prasarana pendukung yang dapat memperkuat implementasi IKO Polhukam ke depannya.

“Aplikasi E-KO Polhukam merupakan suatu media atau alat berbasis web yang dapat memudahkan dan mengefektifkan proses penginputan data IKO Polhukam oleh Pelaksana IKO Polhukam, sekaligus mengoptimalkan proses penghitungan nilai skor IKO Polhukam berdasarkan data yang telah diinput ke dalam aplikasi,” ungkap Asmarni.

Diharapkan Aplikasi E-KO Polhukam ini mampu mengakomodir penginputan, proses bisnis, dan output pelaporan, serta perhitungan nilai skor IKO Polhukam dalam pelaksanaan tugas dan fungsi Kemenko Polhukam dalam melakukan Koordinasi, Sinkronisasi, Pengendalian, dan Penugasan Presiden.

“Aplikasi E-KO Polhukam ini tentu masih jauh dari kata sempurna dan berkualitas. Mungkin dalam perkembangannya ke depan masih terdapat masalah dan kendala teknis yang perlu diperbaiki, diperlukan pemutakhiran fitur dan desain aplikasi, maupun penyempurnaan menyeluruh yang dapat mengakomodir kebutuhan pengguna dan pelaksana IKO Polhukam,” jelasnya.

Meski demikian, Asmarni mengharapkan adanya kesadaran kolektif, kontribusi aktif, dan komitmen yang kuat dari semua pihak dalam mengimplementasikan IKO Polhukam dalam pelaksanaan tugas dan fungsi sebagai Kementerian Koordinator, serta melaporkan capaian pelaksanaan tugas dan fungsi tersebut melalui Aplikasi E-KO Polhukam ini.

Humas Kemenko Polhukam RI

Terkait

Kirim Tanggapan

Skip to content Made with passion by Vicky Ezra Imanuel