Lantik Ketua Wantannas, Menko Polhukam: Wantannas Berperan Vital Kawal Keberlangsungan NKRI

Dibaca: 732 Oleh Tuesday, 4 April 2023Menko Polhukam, Berita
WhatsApp Image 2023 04 04 at 12.36.33 PM

SIARAN PERS No: 47/SP/HM.01.02/POLHUKAM/4/2023

Polhukam, Jakarta – Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas) merupakan organisasi yang berperan sangat vital dalam mengawal keberlangsungan Negara Kesatuan Republik Indonesia dari masa awal kemerdekaan sampai sekarang.

Demikian yang disampaikan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Moh. Mahfud MD saat melantik Laksda TNI Dadi Hartanto sebagai Ketua Wantannas menggantikan Laksdya TNI (Purn) Dr. Ir. Harjo Susmoro di Kantor Kemenko Polhukam, Selasa (4/4/2023).

Dikatakan, Wantannas telah mengalami berbagai metamorfosis dalam hal peran dan fungsi menyesuaikan dengan perkembangan kepentingan nasional.

“Saat ini tugas Wantannas adalah membantu Presiden dalam menyelenggarakan pembinaan ketahanan nasional guna menjamin pencapaian tujuan dan kepentingan nasional Indonesia,” kata Menko Polhukam.

Dalam menyelenggarakan tugasnya, Menko Mahfud menyampaikan Wantannas memiliki fungsi penetapan kebijakan dan strategi nasional dalam rangka pembinaan ketahanan nasional, menjamin keselamatan bangsa dan negara, serta penetapan resiko pembangunan nasional.

Berkaca pada musibah Pandemi Covid-19 yang telah menimbulkan kerugian dan penderitaan yang sangat besar kepada rakyat Indonesia bahkan dunia, merupakan contoh ancaman nyata bagi ketahanan, keamanan, dan kepentingan nasional kita.

“Oleh sebab itu, pengalaman ini harus menjadi pelajaran berharga bagi kita semua, khususnya bagi Setjen Wantannas dalam merevitalisasi kembali tugas dan fungsinya guna menjamin pencapaian tujuan dan kepentingan nasional Indonesia,” kata Mahfud.

Humas Kemenko Polhukam RI

Terkait

Kirim Tanggapan

Skip to content Made with passion by Vicky Ezra Imanuel