POLHUKAM - Kementerian Koordinator Bidang Polhukam RI

Perangi Pungutan Liar, Presiden Jokowi: Pungli Lemahkan Daya Saing Nasional

By 20 Oct 2016 19:10Berita
whatsapp-image-2016-10-20-at-18-40-21

Pemberantasan pungutan liar (pungli) sangat serius diupayakan oleh pemerintahan Presiden Joko Widodo. Dalam rapat koordinasi dengan gubernur dari seluruh Indonesia di Istana Negara, Kamis 20 Oktober 2016, Presiden membicarakan langkah-langkah konkret pemberantasan pungli di semua lapisan pelayanan masyarakat.

Pungutan liar yang sudah terlalu lama dibiarkan terjadi mungkin telah menjadi budaya tersendiri dalam pelayanan masyarakat di Indonesia. Tak ingin hal tersebut terus terjadi, Presiden Joko Widodo menegaskan kepada jajarannya di daerah untuk menyelaraskan langkah dengan pemerintah pusat dalam upaya pemberantasan pungli di Indonesia.

“Pungli ini sudah bertahun-tahun dan kita menganggap itu adalah sebuah hal yang normal, kita permisif terhadap pungli itu. Karena itu saya ajak para gubernur bicarakan langkah kongkret bicara pungutan liar. Tidak hanya urusan KTP, tidak hanya urusan sertifikat, tidak hanya urusan di pelabuhan, kantor, bahkan di sumah sakit. Hal-hal apapun yang berkaitan dengan pungutan yang tidak resmi harus kita bersama hilangkan. Dengan keterpaduan itulah kita harapkan operasi pungli ini akan efektif,” tegas Presiden.

Di hadapan para gubernur, Presiden kembali mengingatkan bahwa semangat pemberantasan pungli bukanlah terletak pada jumlah kerugian yang ditimbulkannya, namun lebih pada akar budayanya yang hendak dihilangkan.

“Yang namanya pungutan liar bukan hanya soal besar-kecilnya, tapi keluhan yang sampai ke saya itu memang sudah puluhan ribu banyaknya. Ini persoalan yang harus kita selesaikan. Jadi bukan masalah urusan sepuluh ribu, tapi pungli telah membuat masyarakat kita susah untuk mengurus sesuatu,” terangnya.

Presiden juga mengingatkan, pungutan liar tidak hanya berdampak kecil pada buruknya kualitas pelayanan masyarakat. Bila hal tersebut dibiarkan begitu saja, pada akhirnya juga menjalar ke hal yang lebih luas lagi. Pungli juga melemahkan daya saing nasional.

“Akibatnya bisa menurunkan daya saing ekonomi Indonesia,” ujarnya.

Sederhanakan Perizinan di Daerah

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Joko Widodo memberikan perhatian khusus terkait perizinan di daerah. Kemudahan perizinan bagi para investor merupakan salah satu upaya pemerintah agar Indonesia memiliki daya saing dalam kemudahan berusaha dibanding dengan negara-negara lainnya. Namun, Presiden masih mendengar adanya keluhan terkait pungli selama proses perizinan berlangsung.

“Perizinan ini juga masih banyak sekali yang larinya ke pungli, yang larinya menghambat investasi di daerah. Saya ingin mengatakan karena ini menjadi kewenangan para gubernur, bupati, dan walikota. Kalau ini terus dibiarkan, peringkat indeks kemudahan berusaha masih akan jauh,” ungkap Presiden.

Oleh karenanya, untuk mencegah birokrasi yang terlalu panjang, Presiden berharap agar segala bentuk perizinan yang ada dapat lebih disederhanakan. Sebab, upaya pemerintah pusat untuk menyosialisasikan Indonesia sebagai negara yang ramah investasi tidak akan berhasil bila tidak didukung oleh pemerintah daerah.

“Misalnya mendirikan bangunan ada parabolanya minta izin sendiri parabola, ada hotel buat kolam renang izin sendiri untuk kolam, ada hotel dan restoran izin lagi sendiri (terpisah). Kalau seperti ini percuma kita pasarkan bahwa negara ini ramah terhadap investasi tapi praktiknya masih seperti ini,” tegasnya sekaligus mengakhiri arahan.

Turut hadir mendampingi Presiden dalam acara tersebut Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Jaksa Agung Muhammad Prasetyo, dan Kapolri Jenderal Pol. Tito Karnavian.

Jakarta, 20 Oktober 2016
Kepala Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

Bey Machmudin

Join the discussion 102 Comments

  • maskap says:

    Di KAB Kaimana papua barat biaya cek gesek kendaraan 500 ribu dan ada biaya tambahan 300 ribu bagi motor yang ber plat luar kaimana

  • akbar says:

    Dear Pak PRESIDEN

    Kami ingin menginformasikan untuk di wilayah saya pak,
    Ada 3 hal sebagai berikut:
    1. Kepala RT daerah saya setiap pembagian BERAS BULOK dikasih selembaran kupon dan kupon itu seharusnya yang saya tau 1 kepala keluarga yang seharusnya di kasih jumlah orang keluarga menerut data kk(kartu keluarga) kenapa kupon tersebut hanya di kasih 2 atau 1 dan tetangga yang sama jumlah keluarga kenapa mereka dapat semua di setiap kepala .dan saat pengambilan beras tersebut menebus pakai uang sejumlah Rp 18 dan kurang lebih 15 ribu apakah ini pungli atau emang dari sanahnya .terus beras tang ada beberapa karung masih ada di Rumah pak RT itu untuk apa Rt beras sekitar 3 sampai 5 karung yang tersisa.(jakarta utara)
    2.pembuatan kk (Kartu keluarga baru n daftar nama baru di cantumin ke kk agar setiap keluarga yang sudah menikah wajib putus kk dengan orang tua dan membuat kk baru karnah pisah kk . Kenapa biaya kk begitu besar Rp150 kurang lebih dan kenapa untuk mengurusnya harus ada uang admin juga 10 Rbu apakah pengurusan kk begini tolong informasinya pak trima kasih.
    (jakarta utara)
    3.saat pembuatan sim c di samsat daan mogot kenapa harus sesulit itu 3 kali tes berapax bolak balik ada yg sampai 4 x bolak balik kalo tinggal deket mah enak ini dari daerah mana sajah ke sanah hanya untuk bikin sim kendaraan tapi sulitnya knapa begini sampai ibu ibu yang sudah tua pun ikut serta bikin kasian mereka yang tempat tinggal jauh dan terburu buru untuk perjalanan n waktu agar tidak terlalu lama dan siang takut mereka kenapa napa di jalan . Alsan apa bikin sim kendaraan susah begini harus tes 1 ke2 ke 3 dan sampai ke4 kali hasilnya tidak jadi apakah ada cara termudah dan se simpel simpelnya. Uang yg sudah di daftarkan bikin sim yang masyarakat sudah masuk dan tidak lagi ikut tes yang kesekian laginya uang mereka pendaftaranya apakah bisa di ambil senilai 180rbuan. Berapa orang yg begitu sudah jenuh prosesnya sudah berapajam dan brapa hari harus bolak balik ke sanah .tolong pak seringnya dan informasinya kami tunggu harus ada kebijakan p untuk masarakat agar bisa mempermudah bikin sim kendaraan.

  • AHMAD says:

    selmat siang,
    dengan adanya BLSM INDONESIA PINTAR saya merasa sedih dgn keluhan masyarakat karna di pungut/di potong biaya sbesar 130rb rupiah di sekolah dasar SDN MEKAR JAYA 01 yg beralamat
    di KP.BABAKAN DS MEKAR JAYA KEC. KEDUNGWARINGIN KAB. BEKASI
    tolong untuk d tindak lanjuti secepatnya krna ini adalh kesekian kalinya..

  • ranis sulastri says:

    Saya mau nanya kemaren saya ke kelurahan untuk membuat KK dan pindahan,soalnya saya pindah dari sukabumi ke depok tapi saya katanya kena denda 100.000 dari kelurahan karena bikinnya telat dari tanggal nikah saya, tapi saya tidak dapat bukti pembayarannya atau sejenisnya,apakah itu benar?

  • PecalangBali says:

    Cc laporan saya
    Saya mau melaporkan kejadian yang saya alami di Bali dan mungkin di alami semua warga pendatang di Bali. Seperti di Jakarta,bahwa Bali juga tempat dimana orang-orang datang merantau mengadu nasib,tp untuk tinggal Di Bali, setiap warga pendatang diwajibkan oleh banjar (adat bali) harus memiliki Kipem/KIPS (Kartu Identitas Penduduk Sementara) dengan biaya antara Rp 100.000~Rp 250.000/3 bulan,buka main-main tiap 3 bulan kartu tanda pengenal itu harus diperpanjang,Kipem/KIPS (Kartu Identitas Penduduk Sementara) itu pun dijadikan alasan jika mau pindah/mengurus KTP Bali harus sudah pernah membayar Kipem/KIPS (Kartu Identitas Penduduk Sementara) 3X (tiga kali) sama dengan minimal tinggal 1 tahun di Bali,lalu begitu selesai mengurus Kipem/KIPS (Kartu Identitas Penduduk Sementara) kami yang beruntung bisa mengurus KTP Bali harus berurusan dengan Klian adat (semacam petugas adat yg 5 tahunan ganti jabatan) ketika mengurus KK dan KTP harus melalui orang ini sebelum masuk ke lembaga desa terkait,tentunya dengan uang-uang pelicin lagi untuk setiap pengurusan KK ,KTP atau AKTA LAHIR ANAK,ini hampir terjadi disemua desa/kelurahan di Bali karena di Bali memiliki yang namanya klian adat tersebut,itu yang saya sebut beruntung diatas karena bisa mengurus KK dan KTP bali,namun yang tidak beruntung,karena jika ingin KTP BALI harus punya rumah di Bali,jika tidak = pungli selama tinggal di Bali

  • Katanya dirahasiakan says:

    Coba aja nyamar,susupi semua instansi di wilayah magelang. Pasti nemuin pungli. Maaf gag bisa sebutkan nama instansinya. Takut diculik.

  • johnny says:

    Tolong donk untuk tim saber pungli menyamar jadi pembuat ktp atau surat2 lain’y di kantor kelurahan bahagia kec.babelan-bekasi. Jawa barat
    Kemarin saya urus surat2 di minta 70rb
    Walaupun ada yg bilang sedikit tetapi di hati gondok banget
    Soal’y bagi saya duit sgitu berharga sekali
    Terima kasih. 😊

  • Nandang says:

    Selamat sore menteri satgas , tolong sampaikan ini ke pak walikota Bandung Ridwan Kamil,
    Barusan nerima sms saberpungli.id, jadi teringat prosedur bayar sewa tanah kotamadya Bandung.
    Prosedur sudah bagus, namun masih ada Pungli Edan yang harus ditindak lanjuti.
    Waktu itu sekitar 2 tahun yang lalu kalo tidak salah (mungkin sekarang masih, mudah2n sudah ngga ada pungli)
    ,saya mengurus bayar sewa tanah kotamadya per 5 tahunan ke kotamadya Bandung, saya dimintai biaya administrasi 300rb di akhir proses. Saya merasa ini tidak benar, kok saya udah bayar sewa yang bahkan tidak murah itu, lalu ditagih biaya lagi. Aneh menurut saya.
    Saya tidak punya bukti, karena petugas kotamadya bandung itu memang tidak memberikan kwitansi ‘biaya siluman’ itu.
    Tolong pa Ridwan,..mangga di sidak weh. Teu rido mayar admintrasi sakitu gedena.

  • supriyani says:

    Di terminal bekasi dishubnya setiap masuk bis2 besar. Hrs byr restribusi. Yg sy liat dpt trus di bagi2. Trus di dkt bunderan bulan2 bekasi polisi2 jg dpt jtah preman dr angkot2. Sehingga bulan2 bekasi rajanya macet. Bekasi marak sekali pungli. Tlng di rapikan pungli. Trm ksih. Cri duit smpai kluar kringat,bkn cm tadah trus bagi2..

  • Linda says:

    Kalau parkir liar minta uang rp.10.000 sampai 15.000 setiap kali parkir depan pasar Gembrong Lama .Rawa selatan 1. Jakarta pusat itu termasuk pungli gak ya???? Sungguh sangat meresahkan. . Thanks.

  • nenden hazrianthi says:

    Pungli Sudah seperti korupsi slalu Ada Dan TDK bisa dibasmi untuk smua kegiatan buat KTP buat npwp buat kenaikan pangkat mulai dari penyerahan berkas sd buat pengambilan SK kenaikan pangkat smuany ada salam tempel dn tanpa kuitansi.disemua acara hari2besar nasional pun ada pungli mungkin yg jumlahny besar seperti laporan keuangan kedinasan udah termasuk korupsi mungkin yg jumlahny kecil itu pungli.semuanya tau sama tau krna kalo tdk menyetor kegiatan atau a car a jadi tdk lancar.semuanya akan berhenti kalo pelaku pungli ato korupsi kembali menghadap illahi alias meninggal dunia

  • jamarsen says:

    kepada mentri satgas,kami merasa di rugikan dengan pungli yg di stasiun depok baru,(jalur khusus angkot),kami di wajibkan membayr 500,000,per unit angkot ,agar bisa masuk jalur kusus angkot,nama yg meminta bayaran, pa makrub,(ayah marub),kami selaku supir angkot sangat merasa dirugikan,sekarng angkot yg bisa masuk hanya 80unit,dan itupun sudah membayar lunas yg 500,000,tadi.klo memang situs ini resmi kami mohon basmi pungli yg di stasiun depok baru kusus jalur angkor 03 depok_parung,

  • An says:

    Dikelurahan saya sudah menjadi rahasia umum, bahwa segala sesuatu nya yg berhubungan dgn surat menyurat Dikelurahan akan dikenakan biaya,,, kec tanon, Sragen.

  • Dewi wahyu anisa says:

    Selamat siang menteri satgas pemberantasan pungli, sy tinggal dibekasi tepatnya di kelurahan sepanjang jaya, kmren sy mengurus srt waris untuk keperluan mutasi nama waris, dikenakan biaya 5x pajak bangunan, sy menolak tapi pihak kelurahan mlh mengajak tawar menawar, tolong disidak pak, kasihan warga2 yg buta huruf, mau memenuhi keinginan mrk, terimakasih

  • ahmad says:

    honor aparat desa sll dipotong oleh kpala desa. bahkan yg hrsnya dibayar 6 bln ini hny dibayarkan 3 bln saja…terus semakin maraknya calo- calo bila musim panen padi tiba, ini sgt merugikan petani. krn hrg gabah dipermainkan oleh calo. mohon tindakanya
    ds cadaskertajaya kec. telagasari kab. karawang jawa barat

  • Boy says:

    Pungli di Kantor Bea Cukai Merak – Cilegon. Modus selipkan dalam Map seolah-olah memberikan dokumen, janjian ketemu diluar atau di toilet

  • ahmad sunarto says:

    Mohon di wajibkan setiap instansi pelayanan publik, di wajibkan memasang informasi, persyaratan layanan, standar waktu penyelesaian pelayanan, dan biaya administrasi.(jika ada), untuk meminimalisir potensi Pungli .
    Bgmn ada intansi yg melayani tidak jelas waktu jadinya dan biayanya…?

  • ahmad sunarto says:

    Kami yg di boyolali jateng mengenai TNKB baru(mobil), juga sudah 2 tahun katanya materialnya blm ada, gmn sih,padahal sdh bayar. mending masyarakat suruh beli sendiri aja di luar, di tunggu bisa jadi.

  • yuzar says:

    betul pak pres lemahnya daya saing nasional biang keroknya krn ada ‘pungli’ dan ‘premanisme’ baru mau kerja sdh diberatkan oleh pungli,,gimana mau berprestasi kl gtu,,,sapu bersih pak !

  • mpit says:

    Samsat seprovinsi lampung.. no plat kendaraan baru keluarnya lama bisa sampai 2 tahun.. dan ini terjadi hampir disemua kendaraan baru.. bisa di survei ke masyarakat lampung.. tolong di tindak secepatnya

  • iim shol says:

    Pak, tolong ditertibkan uang yg masuk di oknum untuk seleksi TNi PolRi IPDN dan masuk Perguruan Negeri/Swasta yg sampai puluhan hingga ratusan juta rupiah itupun kadang seleksi gagal alias gugur.. kasihan rakyat kecil. Jd jgn hanya 10 rb an sj yg mau di berantas…tp budaya sogok menyogok dalam seleksi dunia pendidikan tlg di tinjak lanjuti… BETUL TEGAKKan ATURAn…

  • saputra says:

    Pembuatan sim A cuma 130 rb
    Tp harus bayar 850 ribu
    Adakah pungli??!

  • Abbas, S.Pd says:

    Rasanya lega dengan adanya kebijakan Pak Presiden mengenai pemberantasan pungli… Smoga akan dibentuk OTT disetiap kabupaten dan Kota…banyak dari kami yg ingin membantu dan ikut berpartisipasi… Mari selamatkan rakyat dari parktik2 pungli yg dilakukan oleh para penguasa dan pemegang wewenang di berbagai SPKD… @abbas Kolaka Utara

  • Red says:

    Mohon permisi…
    Pungli… Pungutan liar
    Yg tak pandang anak bangsa mejadi buyer
    Dan menahan lapar.
    Narkoba dikota kami sudah liar…
    Bahkan oknum aparat pun tak berkutik mengungkap dan menangkap padahal dia tau yg diedar it narkoba…
    Khususnya provinsi kal-bar kabupaten sambas kecamatan tebas.
    Oknum tak bisa bertindak karena ada dana bulanan yg disetor..oknum bisa ikut berpesta sabu… Mohon bapak menindaklanjuti daerah kami
    Dari judi,miras,narkoba dan lain sebagainya yg merusakkan anak bangsa yg salah dimata hukum UUD negara tapi bisa di bebaskan karena 1 penyakit yaitu PUNGLI…
    Hanya kami rakyat kecil kalah…
    Tak bisa bertindak karena kami tidak punya pangkat dan juga bukan pejabat

    Mohon diread cepat ditindak lanjuti cepat…
    Utk urusan lain mgkn smtr sudah mulai lancar
    Biaya bikin sim mobil pun rp. 120.000yg dari harga sebelumnya rp. 400.000 sampai rp. 500.000
    Terimakasih bapak presiden… Semoga indonesia lebih maju bersamamu… Salam 2periode buat bapak jokowi…

  • Red says:

    Mohon permisi…
    Pungli… Pungutan liar
    Yg tak pandang anak bangsa mejadi buyer
    Dan menahan lapar.
    Narkoba dikota kami sudah liar…
    Bahkan oknum aparat pun tak berkutik mengungkap dan menangkap padahal dia tau yg diedar it narkoba…
    Khususnya provinsi kal-bar kabupaten sambas kecamatan tebas.
    Oknum tak bisa bertindak karena ada dana bulanan yg disetor..oknum bisa ikut berpesta sabu… Mohon bapak menindaklanjuti daerah kami
    Dari judi,miras,narkoba dan lain sebagainya yg merusakkan anak bangsa yg salah dimata hukum UUD negara tapi bisa di bebaskan karena 1 penyakit yaitu PUNGLI…

  • azzam says:

    Saya dri kota depok, kecamatan beji khususnya,, saya kasihan dgn guru pns saat ini, untk kenaiakan pangkat harus ada uang gono gini, untk pengawas, tim penilai dsb.. apa ini termasuk pungli,, belum lgi pembuatan ptk bagi golongan 3 C keatas,, banyak yang sdh mengeluarkan dana jutaan rupiah,,, tolong ditindak lanjuti pk.

  • dwi says:

    Saya dri kota depok, kecamatan beji khususnya,, saya kasihan dgn guru pns saat ini, untk kenaiakan pangkat harus ada uang gono gini, untk pengawas, tim penilai dsb.. apa ini termasuk pungli,, belum lgi pembuatan ptk bagi golongan 3 C keatas,, banyak yang sdh mengeluarkan dana jutaan rupiah,,, tolong ditindak lanjuti pk.

  • jp says:

    Samsat tegal terutama bagian cek fisik suka minta biaya padahal biaya cek fisik sudah termasuk pembayaran keseluruahan tp msh di mintai lg….

  • philipus giawa says:

    Karena sudah lama Pungli ini berlangsung, maka harus lama juga (berkelanjutan) cara menghilangkannya. Masyarakat dianjurkan agar melengkapi diri dengan kamera dan rekaman tersembunyi setiap kali ada potensi berpungli.

  • Ayu says:

    Biaya daftar ulang thn 2016 utk kelas 11 di SMAN Waringin Kurung Serang, Banten tidak transparan, karena tidak mengeluarkan surat edaran perincian biaya, hanya dijelaskan saat rapat orang tua murid & guru. Dan anehnya dana BOS dimasukan sebagai salah satu komponen pengeluaran/pembiayaan, contoh :
    Pengeluaran/Biaya :
    1. A
    2. B
    3. Dana BOS
    4. D
    Karena tdk ada surat edaran jadi saya lupa utuk apa saja A, B & D tsb.
    Dikurangi :
    1. Dana BOS
    Total biaya daftar ulang yg harus di bayar A+B+D
    Jadi ada indikasi pembodohan & penggelapan dana BOS, karena bila dikalkulasi siswa tidak mendapatkan Dana BOS tsb. = 0
    Seharusnya biaya daftar ulang (A+B+D) – (Dana BOS)
    Apakah ini termasuk korupsi atau pungli?

  • Ayu says:

    Setiap melaporkan Laporan Tahunan Ketenagakerjaan & perpanjangan berbagai sertifikat di Disnaker Cilegon suka meminta uang @rp. 500.000 tanpa kuitansi, apakah itu termasuk pungli?

  • Riyanto says:

    Slamat siang bapa Presiden, sy mau lapor kalau ada pungli yg d lakukan oleh kepala puskesmas webora kabupaten Belu, prop.NTT Terhadap staf puskesmas tersebut. Uang kgiatan mereka selalu d potong oleh kepala puskesmas tanpa ada alasan yg jls. Dan ini sdh berlgsg lama. Kegiatan mereka slam 2 bln hax menerima 110.000,sdangkan d puskesmas lain trimanya 700.000. Tlong d tindak lanjuti. Terima kasih

  • Henny Anggraeni says:

    Untuk ngurus surat keterangan hak ahli waris di kelurahan kr tengah cileduk di minta uang Rp 700.000. .

  • yuzar says:

    Message *#pungli sampe ratusan ribu sangat berat bagi kami sebagai rakyat kecil apalagi dahulu saya hanya pegawai yg gaji’y pas2an,,,#brantas-pungli ‘merdeka’

  • irawan says:

    Mohon di cek dan disidak di bandara ir juanda surabaya dicurigai adanya pungli yg mengakibatkan perselisihan antara taksi bandara atau taksi yg dikelola koperasi dimana ada taksi gelap yg membayar “iuran” pada pihak bandara atau oknum dimana sering terjadi perselisihan&permasalahan dengan perbuatan anarki dan pemerasan pada taksi online

  • sampurno says:

    Message *apa benar pembuatan pas masuk bandara harga 1jt600rb untuk bandara ternate… trm ksh…

  • yuzar says:

    Message * #pungli seperti ibarat ‘borok’ yg menahun gak sembuh2,,,sangat menyiksa kehidupan rakyat kecil seperti jaman penjajahan saja,,,,#brantas-pungli sampe akar2nya,,,merdeka !!!

  • wawan says:

    pengurusan SIM di Polres kab.Cirebon mahal pa..pungli ny dari anggota polisi, tolong ditangani pa

    • Ari says:

      Kasian yg tes sim b1 b2…di gencetNya habis2 an…padahal mereka itu karyawan atau buruh supir ..yg kerjanya kadang ada yg tidak tetap atau serabutan…saya liat regulasi tes nya bermasalah…silakan yg mau coba tes simulasi nya..kalo anda lulus saya kasi 2 jempol .tukang parkir yang ada di sekitar tes pernah bilang”walau supir gandengan pun blom tentu lulus, dan tidak pernah ada yg lulus” dan..mereka para supir truk atau bus tidak ada yang berani mengeluh karena minimnya akses ke media untuk mengeluh…hanya pada tukang parkir mereka mengeluh….salah satu rekan supir saya di tarif 1jt rupiah utk perpanjangan sim b1 nembak…di salah satu kabupaten di jawa barat…saya hanya prihatin dengan nasib rekan2 supir yang lain..dan pasti akan melalui nya…..kalo ga salah alat simulatornya juga bermasalah waktu pengadaannnya…

  • Junita says:

    Yang terhormat Bapak Menteri/Satgas Saber Pungli,
    Pak..saya warga masyarakat dan bangsa yg sangat sedih dan prihatin dengan kondisi pungli di negeri ini,karena setiap warga bangsa trutama yg lemah yg akan selalu menjadi korban.
    Saya mau melaporkan kondisi real di tempat kami. Waktu mau mengurus e ktp,mulai dr keluarahan(kelurahan harjatani) petugas minta uang seikhlasnya,lalu di kecamatan(kecamatan kramatwatu) petugas meminta uang 25rb per orang di meja perekaman,dan waktu urus di Dukcapil(kabupaten serang) petugas meminta uang diam2 dan waktu saya menolak petugas mendorong saya keluar ruangan dg kasar.
    Saya lahir dan besar di serang(prov.banten),saya melihat sangat banyak pungli di sini..Tolong turun donk Pak ke provinsi ini..kalau bapak mau saya rekam petugas pembuatan e ktp di kecamatan kramatwatu serang..trimakasih..semoga saber pungli bukan hanya wacana tp betul betul dilalukan di semua lini spy negara kita lebih baik lagi..salam.

  • robby ardian harahap says:

    Kami LSM-AMP2BJP siap membantu, memberikan data adanya pungutan liar (Pungli) dlm pengadaan barang/jasa. Yg di lakukan oleh dinas (PPK/PPTK) kepada rekanan pemenang proyek.

  • A R Sopamena says:

    Terima kasih Bapak President RI serta Bapak Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan di Jakarta.

    Dengan Hormat,
    Maaf kalau terpaksa saya melaporkan hal ini kepada institusi yang lebih tinggi di Republik Indonesia. Sejak 2013 kami melaporkannya ke penasehat hukum di Makassar. Berjalan satu tahun lalu disarankan untuk melapor ke Ombudsman di Makassar dan kemudian ke Kupang. Tiga bulan lalu ditanyakan lagi ke Kupang malah jawabannya kasus kami sudah selesai. Karena masalah kami berkaitan dengan Kepala Dinas Pariwisata Lembata di Lewoleba, Nusa Tenggara Timur.
    Kami adalah pembantu pelaku Pariwisata melalui kegiatan Off Road Kabupaten Lembata di NTT. Acaranya sukses sesuai surat Sekda Lembata atas nama Bupati Lembata. Namun pemerasan yang dilakukan Kadis Pariwisata membuat kami bangkrut, mobil pribadi kami disita, uang hadiah pemenang lomba team Timor Leste belum dibayar, biaya Penginapan belum dibayar dan uang tranport ferry Kupang-Lewoleba pp. terpaksa menjadi tanggungan kami. Dengan alasan dana masih diproses. Akhir kegiatan kami masih meninggalkan sisa uang Rp 40 Juta juga belum dibayar. Nah Kenapa kasus ini belum selesai karena masih diproses oleh Ombusmen RI di Kupang. Namun itu tergantung power pejabatnya yang bingung kasus ini mau masuk kategori apa.
    Semua dokumen sudah kami laporkan ke Lawyer kami di Makassar untuk Somasi tapi tidak dihiraukan, ombudsmen Mks juga sudah dan dilanjutkan di Ombudsmen Kupang tapi sampai sekarang tidak bethasil. Mengingat masalah tersebut belum selesai akibatnya jabatan Istri saya sebagai GM di Travel Agent di Pecat. Mobil kami disita untuk membayar ongkos event Lembata.
    Bapak Menteri Yth. Saya sedang menyiapkan surat buat Bapak Gubernur NTT, tapi karena ada issue national mengnai anti pungli, maka kami anggap sudah tepat sebaiknya diserahkan ke Kementrian. Demikian masalah kami yang belum selesai, namun kami masih percaya bahwa ada tangan keadilan yang dapat membantu para korban.
    Semoga dengan bantuan Bapak problema yang menimpa diri kami bisa terselesaikan. Amin….
    Hormat kami,

    A R Sopamena
    Email: sopamena2014@gmail.com
    HP +62 8123 624 1234

  • Pujiono Nonong says:

    Hanya pemimpin yang berani, tegas dan jujur serta bersahaja yang mau dan mampu membuat kebijakkan memberantas pungli, pak Presiden harus mengawasi dan mengontrol kebijakkan ini agar berjalan efektif dan berkelanjutan..bravo

  • dewi susanti says:

    DI KABUPATEN ACEH TENGGARA TERJADI PUNGLI DIJALAN PEROTOKOL / JALAN A. YANI DIDEPAN SMP 2 KUTACANE OLEH ORGANDA KUTACANE KEPADA ANGKUTAN BARANG YANG MASUK ATAU MELINTAS DI KUTACANE 50.000 UNTUK SETIAP MOBIL BARANG

  • SUPARNI,S.Pd.SD says:

    Asalamualaikum pak,kenapa menghubungi nomor.193&1193 yg bapak infokan itu susah sekali masuknya bahkan saya sms&miscol tidak bisa terhubung,karena ada laporan yg sangat penting menurut kami khususnya untuk daerah kami,terima kasih atas arahan/petunjuknya,wasalamualaikum wr.wb

  • sukiyanto says:

    Masyarakat sangat menyambut baik prakarsa pemerintah membentuk saber pungli,

  • sukiyanto says:

    Banyak kepala daerah kota dan kabupaten, ketika dana desa dikucurkan ke desa untuk pembangunan infrastruktur jalan desa, justru yg mengejakan justru bupati, dan kades tidak bs berbuat apa krn terbentur SDM , seperti yg terjadi di kabupaten mojokerto, bahkan sangat masif,

  • Prayodi says:

    Badan meteorologi serang. Di daftar harga terra batu timbangan 300 rupiah. Kenyataannya 55000 rupiah.

  • Prayodi says:

    Saya mau melaporkan pungli di badan meteorologi serang. Saya melakukan terra batu timbangan 20kg. Di daftar harganya cuma Rp 300/pc. Kenyataannya Rp 55000/pc. Oleh bp Satia.

  • arif says:

    apakah pesen nopol cantik juga termasuk pungli???

  • arjuna maha says:

    Benar sekali Pak Presiden, terhambatnya perkembangan di daerah karena Budaya Pungli yg sdh berakar (terutama di Kabupaten). Banyak sebenarnya para Investor yg ingin mengembangkan usahanya, tapi karena budaya KONYOL tadi daerah lambat majunya. Acapkali para Kepala dinas bermain di balik layar, urusan yg berbelit-belit, semuanya karena Uang haram itu. Akhirnya para Investor angkat tangan, angkat kaki dan takkan muncul lagi ke Daerah-daerah. Saran kami: mohon agar pengawsan atau kontrol kinerja PEMKAB di tingkatkan oleh Pem Pusat. Sama halnya, budaya serupa juga terjadi di Ktr Kecamatan2. Semua ini adalah penyakit BOROK yg perlu segera di basmi. Sehingga tidak berlebihan rasanya bila Pem Pusat membuat lembaga Khusus yg Khusus memantau kinerja Aparat Pemerintah Di Daerah2. semoga Gerakan yg Bapak laksanakan sekarang ini benar2 menyentuh cara hidup antara masayarakat dengan Pemerintah nya. Tuhan memberkati.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Perangi Pungutan Liar, Presiden Jokowi: Pungli Lemahkan Daya Saing Nasional