Menko PolhukamBeritaDeputi V Bidkor Kamnas

Menko Polhukam: Saling Pengertian Aparat dan Pemudik Akan Membuat Mudik Lancar dan Aman

Dibaca: 47 Oleh Jumat, 29 April 2022Tidak ada komentar
Kemenko Polhukam RI
#KemenkoPolhukam 
SIARAN PERS No. 51/SP/HM.01.02/POLHUKAM/4/2022
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Moh. Mahfud MD meninjau pelaksaan dan pengamanan arus mudik di Command Center Patroli Jalan Raya Koorlantas Polri di KM 29 Tol Jakarta, serta kondisi penanganan keamanan mudik di Stasiun Senen, Jakarta Pusat, pada Jumat (29/4). Dalam kunjungan itu, Menko Mahfud menekankan pentingnya menciptakan saling pengertian dan kerjasama antara aparat yang mangatur di lapangan dan masyarakat yang melakukan perjalanan, agar mudik menjadi sesuatu yang bisa dinikmati.
“Aparat lapangan agar berkomunikasi dengan pemudik lebih bersahabat. Karena mereka mudik dengan semangat ingin bersilaturahmi, untuk ibadah, setelah sekian lama tidak dilakukan. Mereka ini beragam pengalamannya, pemahamannya, tingkat pendidikannya, jadi harus lebih arif menghadapinya,” ujar Menko Polhukam.
Menko Polhukam mengatakan, sebaliknya masyarakat juga harus memahami bahwa petugas bekerja berdasarkan prosedur dan aturan, jadi harus kooperatif kalau diatur, misalnya disuruh berhenti dulu, dan diarahkan jalannya.
“Masyarakat yang mudik juga harus sadar, menjaga ketertiban, membantu petugas lapangan. Petugas juga harus bersabar menghadapi berbagai masyarakat yang mudik, dan menghayati ini sebagai tugas negara,” tegasnya.
Menko Polhukam menyaksikan langsung paparan kesiapan dan penjelasan situasi terkini langsung dari Kakorlantas Polri Irjen Firman Santyabudi.
Melalui fasilitas Command Center yang cukup lengkap, Menko Polhukam juga menyapa dan berdialog dengan petugas Polri di lapangan yang sedang bertugas di kawasan Pelabuhan Merak.
Menko Polhukam juga pada hari yang sama juga melihat kesiapan Posko Pengamanan Aparat Gabungan TNI-Polri dan PT Kereta Api Indonesia (KAI). Dengan didampingi Dirut PT KAI, Didiek Hartantyo, Menko Mahfud berkeliling memeriksa kesiapan pengamanan Mudik, fasilitas untuk para pemudik di kereta, juga berdialog dengan warga pemudik.
Menko Polhukam mengapresiasi Posko Koordinasi Gabungan yang bekerja terus menerus untuk keamanan masyarakat yang akan melakukan perjalanan untuk lebaran di kampung masing-masing. (*)
Baca juga:  Kemenko Polhukam melakukan Sosialisasi tentang Kebijakan Pemerintah dalam upaya Penguatan Peran dan Kapasitas APIP di Riau

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel