6B7A3406 Copy
#KemenkoPolhukam 

SIARAN PERS No: 52/SP/HM.01.02/POLHUKAM/5/2022

Polhukam, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Moh. Mahfud MD melaksanakan Halalbihalal Idulfitri bersama dengan seluruh para pejabat serta pegawai di lingkungan Kemenko Polhukam, Selasa (10/5/2022). Dalam sambutannya, Menko Polhukam menyampaikan bahwa halalbihalal merupakan ritual yang lahir dari budaya.

“Halalbihalal Idulfitri merupakah ritual keagamaan yang lahir dari budaya. Kalau di dalam ajaran agama yang asli, dulu zaman Nabi tidak ada halalbihalal Idulfitri. Tetapi ketika Islam masuk ke Indonesia, dikemas budaya, dan budaya itu kemudian menjadi budaya Islam Indonesia, dan menjadi budaya bangsa,” kata Menko Polhukam saat memberikan sambutan.

Selain itu dirinya menyampaikan, Idulfitri merupakan wahana atau tempat untuk menyegarkan kembali hubungan kerja. Dijelaskan, silaturahim memiliki arti hubungan yang baik dan saling berhubungan atau networking.

“Senyampang kita bertemu, mari kita hilangkan ganjalan-ganjalan yang ada selama ini di antara kita. Makanya agama mengajarkan silaturahim itu membuat kamu sehat dan membuat kamu banyak rezeki,” kata Menko Mahfud.

Baca juga:  Menko Polhukam dialog dengan MRP soal Papua dan Otsus

Menurutnya, silaturahim bukan hanya sebatas salaman, minta maaf, lalu pulang. Tetapi membangun jaringan kerja, karena sila adalah sambungan dan rahim adalah kasih sayang atau kenyamanan dalam bekerja.

“Kita sekarang mulai nyamankan lagi bekerja sesudah ini. Saya, pasti manusia punya salah. Bapak-bapak dan ibu-ibu juga pastinya. Manusia itu tempatnya berbuat salah dan lupa, kadang kala kelupaan itu mengganggu hak orang lain dan menyinggung hak orang lain. Saat ini lah kita bermaaf-maafan dari hati yang tulus,” ungkap Menko Polhukam.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel