BeritaDeputi I Bidkor Poldagri

Deputi Bidkor Poldagri Kemenko Polhukam Koordinasikan Persiapan Pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang Tahap II Kabupaten Yalimo, Papua

Dibaca: 132 Oleh Minggu, 23 Januari 2022Februari 7th, 2022Tidak ada komentar
WhatsApp Image 2022 01 23 at 10.24.18 AM
#KemenkoPolhukam 

SIARAN PERS No: 5/SP/HM.01.02/POLHUKAM/1/2022

Jayapura, Polhukam – Deputi Bidang Koordinasi Politik Dalam Negeri Kemenko Polhukam, Djaka Budhi Utama, mengungkapkan bahwa dirinya yakin pelaksanaan pemungutan suara ulang (PSU) Tahap II di Kabupaten Yalimo, Papua dapat berjalan dengan aman, lancar, dan demokratis.

Oleh karena itu, Djaka Budhi meminta seluruh pihak terkait untuk dapat melaksanakan tugas secara maksimal dan profesional serta mengoptimalkan koordinasi dan sinergitas di lapangan secara terus menerus antara Pemerintah Daerah, penyelenggara PSU (KPU dan Bawaslu), dan aparat keamanan (TNI dan Polri).

“Seluruh komponen harus bekerja keras memastikan setiap tahapan dapat berjalan dengan aman, lancar dan tanpa halangan suatu apapun, dan kepada aparat keamanan agar selalu memberikan jaminan keamanan khususnya kepada penyelenggara pemilu (KPU dan Bawaslu), terutama pada tahapan-tahapan krusial seperti distribusi logistik, masa tenang dan proses pemungutan suara serta rekapitulasi penghitungan suara”, kata Djaka pada Rapat Koordinasi Kesiapan Akhir Pelaksanaan PSU Tahap II di Kabupaten Yalimo Provinsi Papua, Jayapura, Sabtu (22/1/2022).

Baca juga:  Bertemu Dubes Myanmar, Menko Polhukam Bahas Masalah Internal di Myanmar

Djaka juga menegaskan kepada para penyelenggara, aparat pengamanan, dan stakeholder terkait untuk melakukan soft approach kepada tokoh masyarakat, para kepala suku , tokoh agama, dan tokoh adat agar tidak terprovokasi oleh isu yang tidak benar serta turut membantu mengamankan dan menyukseskan pelaksanaan PSU Tahap II.

Sementara itu, Anggota Bawaslu RI, Fritz Edward Siregar juga memberikan atensi apabila dimungkinkan dapatnya KPU menyelenggarakan kegiatan penandatanganan Pakta Integritas dan doa bersama.

“Hal ini sebagai wujud pelaksanaan PSU Tahap II Kabupaten Yalimo yang damai, bertanggungjawab, aman, lancar, dan sportif,” ungkapnya.

Sebelumnya, pada 18 Januari 2022, KPU Kabupaten Yalimo telah mengadakan rakor persiapan PSU Tahap II yang dihadiri oleh stakeholder terkait. Pada rapat tersebut, semua peserta sepakat dan sejalan menyatukan langkah untuk menghadapi PSU Tahap II.

Sesuai jadwal dan tahapan pelaksanaan PSU Tahap II Kabupaten Yalimo, proses pemungutan suara akan dilaksanakan pada pekan depan, tepatnya tanggal 26 Januari 2022. Sementara tanggal 23 – 25 Januari 2022 merupakan masa tenang.

Baca juga:  Menko Polhukam Kembali Tegaskan, Pemerintah Fokus Siapkan Pemilu 2024

Rakor Kesiapan Akhir Pelaksanaan PSU Tahap II di Kabupaten Yalimo Provinsi Papua tersebut dihadiri oleh Asdep Pengelolaan Pemilu dan Penguatan Partai Politik Kemenko Polhukam Ahmad Rizal R; Kasdam XVII/Cendrawasih Brigjen TNI Sidharta Wisnu; Kaban Kesbangpol Provinsi Papua Musa Isir; Kepala Bidang Koordinasi Penguatan Partai Politik Sigit Haryono; Forkopimda Provinsi Papua; KPU dan Bawaslu Provinsi Papua; dan aparat keamanan serta penegak hukum Provinsi Papua.

Humas Kemenko Polhukam RI

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel