Bela Negara Bukan Hanya Aspek Militer, Tapi Merangkul Kehidupan Sehari-Hari Masyarakat

Dibaca: 95 Oleh Tuesday, 19 December 2023Berita
b62eb4e6 aa30 4518 bd4f 016c091c6926

SIARAN PERS NO. 183/SP/HM.01.02/POLHUKAM/12/2023

Polhukam, Jakarta – Bela Negara di Indonesia bukan hanya terkait pada aspek militer tetapi harus lebih luas lagi, merangkul semua lapisan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Setiap tindakan, sekecil apapun, yang dilandasi cinta kepada bangsa dan negara, cinta kepada Pancasila dan NKRI adalah wujud konkrit Bela Negara.

Demikian amanat Presiden RI yang dibacakan Staf Ahli Menko Polhukam Bidang Kedaulatan Wilayah dan Kemaritiman, Laksda TNI Abdul Rivai Ras, pada Peringatan Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023 di lapangan Kemenko Polhukam, Jakarta, Selasa (19/12/2023). “Hari Bela Negara ini merupakan momentum bagi kita untuk bersatu dan berkontribusi positif demi Indonesia maju yang kita cita-citakan,” katanya.

Dalam amanatnya, Presiden menyampaikan tantangan ke depan yang semakin tidak terduga. Karena bukan hanya ancaman fisik, tetapi juga ancaman yang tak kasat mata seperti pandemi, konflik global, revolusi teknologi, hingga krisis iklim yang membawa dampak dan risiko ketahanan negara.

“Kita harus memiliki jiwa Bela Negara sebagai pilar utama yang menjadikan kita tangguh dan cerdas dalam menghadapi situasi yang tidak menentu. Semangat Bela Negara bukan hanya tanggung jawab aparat pertahanan, tetapi juga membutuhkan partisipasi aktif seluruh elemen Masyarakat. Ini adalah tugas kita bersama dalam menjaga kesatuan dan persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” kata Presiden.

Tema Peringatan Hari Bela Negara tahun 2023 ini yaitu “Kobarkan Bela Negara Untuk Indonesia Maju”. Upacara ini dihadiri oleh pejabat tinggi dan pegawai di lingkungan Kemenko Polhukam.

Terkait

Kirim Tanggapan

Skip to content Made with passion by Vicky Ezra Imanuel