BeritaMenko Polhukam

Menko Polhukam Jelaskan Penyebab Kerusuhan di Wamena-Jayapura

Menko Polhukam Jelaskan Penyebab Kerusuhan di Wamena-Jayapura
#KemenkoPolhukam 

Polhukam, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto menjelaskan penyebab kerusuhan yang sempat terjadi dan menyebabkan korban jiwa di daerah Wamena, Jayapura.

“Kemarin kita menghadapi peristiwa baru di Jayapura maupun di Wamena, ada insiden yang menelan korban jiwa dan ada kerusakan-kerusakan, baik instansi pemerintah maupun milik masyarakat,” ujar Menko Polhukam Wiranto saat melaksanakan konferensi pers di Kemenko Polhukam, Jakarta, Selasa (24/9/2019).

Menko Polhukam mengungkapkan bahwa kerusuhan tersebut menyebabkan terbakarnya sejumlah ruko dan kios milik masyarakat, kantor PLN, kantor Bupati, dan tempat-tempat lain yang berada di daerah Wamena, Jayapura, Papua.

“Tapi yang kita sayangkan menelan korban manusia juga. Kita sudah temukan bukti-bukti bahwa kerusuhan itu tidak serta merta terjadi tetapi erat hubungannya dengan apa yang sekarang terjadi di New York, sidang umum PBB,” ujar Wiranto.

Menurut Menko Polhukam, Gerakan Papua Merdeka ingin menunjukkan eksistensi sehingga menghambat dan memprovokasi teman-temannya di Papua dan Papua Barat untuk melakukan gerakan yang menunjukkan eksistensinya.

“Gerakan-gerakan itu sangat merugikan masyarakat sendiri, gerakan yang anarkis, melanggar hukum, gerakan yang betul-betul kita sayangkan semua. Saat ini aparat keamanan sedang berusaha untuk meredam itu semua, menyadarkan masyarakat jangan sampai dijadikan bulan-bulanan oleh pihak-pihak yang hanya ingin mencari keuntungan di sana,” jelasnya.

Saat ini pemerintah terus berupaya untuk menormalkan kembali keadaan di Wamena, Jayapura, Papua. Selain meredam situasi kerusuhan, pemerintah juga melakukan perbaikan-perbaikan, rehabilitasi rumah-rumah, kantor yang terbakar.

“Korban-korban yang ada sudah akan dilakukan satu proses pemakaman yang baik dan kita upayakan agar segera normal kembali. Kedamaian, kerukunan akan terjadi di sana Karena sudah ada usaha-usaha untuk mencoba, untuk membangun adanya konflik horizontal antara kita,’ ujar Menko Polhukam.

Biro Hukum, Persidanga dan Hubungan Kelembagaan Kemenko Polhukam RI

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel