Menko Polhukam Sampaikan Sejumlah Isu yang Jadi Perhatian Saat Ini Kepada Pejabat Baru

IMG 20240613 WA0010

SIARAN PERS NO. 141/SP/HM.01.02/POLHUKAM/6/2024

Polhukam, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Marsekal TNI (Purn.) Hadi Tjahjanto melantik Deputi Bidang Koordinasi Pertahanan Negara dan Staf Ahli Bidang Kedaulatan Wilayah dan Kemaritiman. Dalam sambutannya, Menko Hadi menekankan sejumlah hal yang menjadi tugas dan fungsi Kemenko Polhukam.

“Merujuk Perpres Nomor 73 Tahun 2020, Kemenko Polhukam memiliki fungsi koordinasi, sinkronisasi, dan pengendalian urusan Kementerian dalam penyelenggaraan pemerintah di bidang politik, hukum dan keamanan,” ujar Menko Polhukam Hadi Tjahjanto saat memberikan sambutan pada Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Deputi Bidang Koordinasi Pertahanan Negara dan Staf Ahli Bidang Kedaulatan Wilayah dan Kemaritiman di Jakarta, Kamis (13/6/2024).

Menko Hadi mengatakan, beberapa hal yang menjadi fokus perhatian saat ini diantaranya yaitu Pembangunan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Terpadu. Isu lainnya di bidang pertahanan negara yaitu pengelolaan pulau-pulau kecil terluar, Pembangunan Kawasan Perbatasan Negara, dan penegasan Batas Darat Negara antara RI dengan Malaysia.

Sementara di Bidang Kedaulatan Wilayah dan Kemaritiman, beberapa isu yang menjadi fokus yaitu akselerasi protek strategis nasional bidang konektivitas maritim guna terjaganya ketahanan ekonomi nasional, penguatan sistem tata kelola keamanan dan keselamatan laut di wilayah perairan dan yurisdiksi Indonesia guna mencapai Indonesia Poros Maritim Dunia, dan tinjauan pola penyelenggaraan keamanan laut Indonesia guna pencapaian visi nasional poros maritim duni dari perspektif keamanan laut.

“Kepada Pejabat yang baru dilantik, saya percaya, dengan semua pengalaman di bidang akademik dan pengalaman tugas Anda. Anda dapat memberikan rekomendasi terkait isu-isu strategis dengan menyinergikan antara pemerintah dengan berbagai pihak terkait,” kata Menko Hadi.

“Untuk itulah, Kemenko Polhukam harus senantiasa tanggap, sigap dan terus menerus meningkatkan atensi dalam mengawal stabilitas di bidang politik, hukum dan keamanan,” sambungnya.

Pelantikan ini dihadiri oleh para pejabat tinggi di lingkungan Kemenko Polhukam, serta perwakilan dari Kementerian dan Lembaga yang berada di bawah koordinasi Kemenko Polhukam.

Terkait

Kirim Tanggapan


Skip to content Made with passion by Vicky Ezra Imanuel