BeritaBiro PO

Tingkatkan Sistem Manajemen, Perpusatakaan Kemenko Polhukam Laksanakan Audit Eksternal

Dibaca: 60 Oleh Tuesday, 4 October 2022October 5th, 2022Tidak ada komentar
perpus
#KemenkoPolhukam 

SIARAN PERS No: 153/SP/HM.01.02/POLHUKAM/10/2022

Polhukam, Jakarta – Bekerjasama dengan PT Tuv Nord Indonesia, Perpustakaan Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenko Polhukam) telah melaksanakan Sertifikasi ISO 9001 : 2015 Sistem Manajemen Mutu pada tahun 2021.

Dalam rangka mempertahankan Sertifikat ISO 9001:2015, Perpustakaan Kemenko Polhukam melaksanakan Audit Eksternal sebagai bagian dari Audit Surveillance ISO 9001:2015 pada Senin (3/10/2022). Bertempat di Ruang Sembrodo Kemenko Polhukam, dengan didampingi oleh 2 konsultan dari NBA Consultant, audit eksternal ini menghadirkan Jeffri Girsang sebagai auditor dari PT Tuv Nord Indonesia.

Jeffri Girsang mengatakan bahwa tujuan audit ini dilaksanakan untuk meninjau kemampuan dan keefektifan sistem manajemen di Perpustakaan Kemenko Polhukam serta memastikan kepatuhan dari Tim Perpustakaan Kemenko Polhukam dalam menjalankan tugasnya.

“Tujuan audit ini dilaksanakan adalah untuk meninjau kemampuan dan keefektifan sistem manajemen dalam memastikan kepatuhan. Jadi kedatangan saya disini bukan sebagai hakim untuk men-judge mana yang salah dan benar, tetapi kedatangan saya disni adalah untuk melihat apakah sistem manajemen sudah diimplementasikan sesuai standar yang telah ditetapkan.” Jelasnya.

Audit Eksternal berlangsung dari jam 09.00 WIB sampai 11.30 WIB dengan agenda audit Top Management, Management Representative (MR), Kunjungan ke Ruangan Perpustakaan, audit bagian pelayanan serta audit bagian pengolahan perpustakaan. Kemudian dilanjutkan pada pukul 13.00 WIB sampai 15.00 WIB dengan agenda audit pengadaan serta closing statement dari auditor.

“Untuk jadwal ini tentatif ya bapak, ibu. Jika datanya lebih cepat lagi disampaikan, akan bisa lebih cepat lagi,” ucap Jeffri.

Setelah melalui rangkaian audit, auditor menyampaikan bahwa tidak ditemukan ketidaksesuaian apapun.

“Saya lihat dari komitmen bapak luar biasa dan tim. Karena perbaikan-perbaikan dari tahun lalu saya juga baca dari report tahun lalu ternyata sudah diperbaiki. Jadi kami masih sangat mengapresiasi itu,” ungkap Jeffri.

Dalam closing statement hasil audit, Jeffri juga menyampaikan bahwa ada 9 Potential Improvement yang bisa dikembangkan lagi oleh Perpustakaan Kemenko Polhukam. Menurut Jeffri, adanya potential improvement ini merupakan tindak lanjut dari penerapan ISO 9001:2015 yang memastikan bahwa sistem manajemen mutu juga selalu dikembangkan guna mempertahankan kualitas mutu dan pelayanan Perpustakaan Kemenko Polhukam.

“Dengan ini auditor menyatakan bahwa ISO 9001:2015 sudah terpenuhi. Follow up action-nya tidak perlu. Disini saya sebagai auditor merekomendasikan Perpustakaan Kemenko Polhukam untuk dapat mempertahankan ISO 9001:2015 tahun kedepan. Selamat atas pencapaiannya bapak ibu, audit surveillance lanjutan akan dilakukan pada bulan Oktober 2023,” tutupnya.

Biro Perencanaan dan Organisasi

Terkait

Kirim Tanggapan