Berita

Tingkatkan Kualitas Pengelolaan Anggaran, Kemenko Polhukam Rilis Aplikasi Morena

Dibaca: 16 Oleh Kamis, 11 November 2021November 18th, 2021Tidak ada komentar
255910139 211919544412143 6538858722091478734 n
#KemenkoPolhukam 

SIARAN PERS No: 186/SP/HM.01.02/POLHUKAM/11/2021

Polhukam, Jakarta – Biro Perencanaan dan Organisasi Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Republik Indonesia memperkenalkan aplikasi bernama Mobile Perencanaan atau Morena. Aplikasi yang penggunaannya khusus untuk kalangan internal tersebut bertujuan meningkatkan kualitas pengelolaan anggaran di Kemenko Polhukam RI.

“Saya harap seluruh pengelola anggaran di Kemenko Polhukam dapat menggunakan layanan Aplikasi Morena ini sehingga manfaat aplikasi ini dapat semakin luas dirasakan oleh para stakeholder Kemenko Polhukam dalam mewujudkan akuntabilitas yang baik,” kata Kepala Biro Perencanaan dan Organisasi Kemenko Polhukam RI, Nizhamul, S.E, M.M dalam acara Sosialisasi Aplikasi Mobile Perencanaan di Ruang Rapat Sadewa Kemenko Polhukam, Kamis (11/11/2021).

Nizhamul menyatakan, akuntabilitas merupakan bagian yang tidak bisa dipisahkan dalam tata kelola pemerintahan yang baik. Akuntabilitas akan bermuara pada transformasi pelayanan publik. Namun tentu saja, upaya menjaga dan meningkatkan akuntabilitas bukan perkara mudah.

“Apalagi dalam dua tahun terakhir ini kita dihadapkan pada situasi yang sangat menantang yakni pandemi Covid-19 di mana pelayanan publik dipaksa untuk cepat beradaptasi dengan pola kerja new normal,” ujar Nizhamul.

Baca juga:  Menko Polhukam Minta Masyarakat Tenang dan Tidak Terpengaruh Berita Medsos

Selanjutnya Nizhamul menjelaskan, peluncuran Aplikasi Morena ini merupakan salah satu program unggulan di Biro Perencanaan dan Organisasi Kemenko Polhukam RI. “Saya menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya pada koordinator atas inisiasinya dalam menciptakan inovasi yang bermanfaat bagi instansi Kemenko Polhukam, khususnya bagi para pejabat atau staf pengelola anggaran di unit organisasi Kemenko Polhukam,” jelas Nizhamul.

Saat ini, tutur Nizhamul, pemerintah tengah berupaya keras mempercepat implementasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik atau SPBE. Hal yang sama dilakukan oleh Kemenko Polhukam RI salah satunya dengan Aplikasi Morena ini.

“Kami di internal Biro Perencanaan dan Organisasi berupaya untuk meningkatkan peran teknologi dalam tata kelola, khususnya dalam bidang perencanaan, penganggaran, pelaporan, pengelolaan data, serta organisasi tata laksana,” kata Nizhamul.

Aplikasi Morena merupakan aplikasi berbasis Android dan iOS yang bisa diunduh di Playstore dan App Store. Berbagai fitur yang terdapat dalam Aplikasi Morena berguna untuk mendongkrak kinerja hingga meningkatkan transparansi. Selain itu, juga berfungsi mempermudah akses revisi anggaran, monitoring rencana kegiatan dan anggaran, pengawasan secara berjenjang, hingga kecepatan informasi terkait penganggaran di Kemenko Polhukam.

Baca juga:  Kemenko Polhukam Upayakan Tata Kelola Pemerintah Tetap Optimal di Pemkot Bandar Lampung

“Aplikasi ini digunakan sebagai sarana peningkatan akses yang lebih praktis, mudah, cepat, dan instan dalam proses penganggaran di Kemenko Polhukam. Saya harap para pejabat dan staf pengguna anggaran mampu dan mau memaksimalkan aplikasi tersebut di Kemenko Polhukam, dalam rangka mendukung penggunaan teknologi yang tepat sasaran,” ujar Nizhamul.

Humas Kemenko Polhukam RI

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel