POLHUKAM - Kementerian Koordinator Bidang Polhukam RI

Tingkatkan Kinerja, Pejabat Kemenko Polhukam Ikuti Pelatihan SAKIP

By 07 May 2018 16:43 Berita
WhatsApp_Image_2018-05-07_at_16.05.28

Polhukam, Jakarta – Guna meningkatkan kinerja di Kementerian Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenko Polhukam), pejabat eselon I, II, dan III secara bersama-sama mengikuti pelatihan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) di Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin (7/5/2018).

Pada saat membuka acara, Sesmenko Polhukam, Letnan Jenderal TNI, Yoedhi Swastono mengatakan bahwa perbaikan pemerintahan dan sistem manajemen merupakan agenda penting dalam reformasi birokrasi yang sedang dijalankan oleh pemerintah saat ini.

“Sistem manajemen pemerintahan diharapkan berfokus pada peningkatan akuntabilitas serta peningkatan kinerja yang berorientasi pada hasil. Akuntabilitas dapat diartikan sebagai perwujudan dari kewajiban seseorang atau instansi pemerintah,” ujar Sesmenko Polhukam.

Sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 29 Tahun 2014 tentang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah yang mana di dalamnya menyebutkan SAKIP merupakan rangkaian sistematik dari berbagai aktivitas, alat dan prosedur yang dirancang untuk tujuam penetapan dan pengukuran, pengumpulan data, pengklarifikasian, pengikhtisaran, dan pelaporan kinerja pada Instasi Pemerintah.

“Tujuan Sistem AKIP adalah untuk mendorong terciptanya akuntabilitas kinerja instansi pemerintah sebagai salah satu persyaratan untuk terciptanya pemerintah yang baik dan terpercaya. Sesuai dengan laporan yang saya terima, hasil akuntabilitas kinerja di Kemenko Polhukam tahun 2017 telah mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama Inspektur Kemenko Polhukam, Brigjen TNI Amrin mengatakan bahwa narasumber di kegiatan ini berasal dari Kementerian PAN dan RB serta dari Kementerian PPN/Bappenas untuk memberikan pencerahan dalam rangka pemahaman, keseragaman terkait Pelaksanaan SAKIP di Kemenko Polhukam.

“Mereka juga akan menjelaskan cara menyusun peta bisnis proses yang menggambarkan tata hubungan kerja yang efektif dan efisien antar unit organisasi di lingkungan Kemenko Polhukam, serta menganalisa atas capaian kinerja dengan Rencana Kerja Pemerintah (RKP)/Rencana Pembangunan Jangka Panjang Menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2015-2019 di Kemenko Polhukam,” terang Amrin.

Oleh karena itu diharapkan, adanya pemahaman, keseragaman kepada seluruh jajaran pegawai dan pejabat terkait SAKIP di Kemenko Polhukam, serta dapat menjalankan reformasi birokrasi yang bisa memberikan pelayanan publik berkualitas kepada masyarakat dan juga terciptanya tata kelola pemerintah yang baik.

Humas Kemenko Polhukam

Kirim Komentar/Pertanyaan

Tingkatkan Kinerja, Pejabat Kemenko Polhukam Ikuti Pelatihan SAKIP