POLHUKAM - Kementerian Koordinator Bidang Polhukam RI

Target IDI 75, Pemerintah Perlu Kerja Sama Sinergis

By 25 May 2018 14:20Berita
IMG-20180525-WA0008

Polhukam, Jakarta – Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) merupakan salah satu program prioritas pemerintah di bidang politik, hukum dan keamanan. IDI sendiri menjadi indikator yang menunjukkan tingkat perkembangan demokrasi di Indonesia yang tingkat capaiannya diukur berdasarkan pelaksanaan dan perkembangan tiga aspek demokrasi, yaitu: Kebebasan Sipil (Civil Liberty), Hak-Hak Politik (Political Rights), dan Lembaga-Lembaga Demokrasi (Institution of Democracy).

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Biro Perencanaan dan Organisasi Kemenko Polhukam Janiruddin, S.H., M.Si., saat menghadiri acara Verifikasi Data Koding Surat Kabar dan Koding Dokumen Indeks Demokrasi Indonesia yang diselenggarakan oleh Direktorat Statistik Ketahanan Sosial Badan Pusat Statistik Republik Indonesia di Depok, Jawa Barat, Jumat (25/5/2018).

“Acara ini bertujuan untuk membahas data-data hasil penyusunan Indeks Demokrasi Indonesia Tahun 2017 yang dilaksanakan pada Tahun Anggaran 2018,” kata Janiruddin.

Disampaikan bahwa sesuai dengan amanat Peraturan Presiden Nomor 2 Tahun 2015 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional Tahun 2015 – 2019, target IDI pada tahun 2019 adalah sebesar 75. Sedangkan capaian IDI tahun 2016 lalu sebesar 70,09.

“Untuk mencapai target tersebut, diperlukan kerja keras yang sinergis dan simultan oleh seluruh pihak yang terkait dengan IDI. Saya harap acara ini menjadi salah satu wadah untuk saling bertukar ide dan gagasan dalam upaya peningkatan target Indeks Demokrasi Indonesia,” ungkap Janiruddin.

Humas Kemenko Polhukam

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Target IDI 75, Pemerintah Perlu Kerja Sama Sinergis