POLHUKAM - Kementerian Koordinator Bidang Polhukam RI

Suhardi Alius Resmi Menjabat Kepala BNPT

By 20 Jul 2016 12:16Berita
IMG-20160720-WA0037

Jakarta – Presiden Joko Widodo secara resmi melantik Komisaris Jenderal Pol. Drs. Suhardi Alius, M.H., sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) yang baru di Istana Negara, Jakarta, Rabu 20 Juli 2016. Suhardi Alius diangkat sebagai Kepala BNPT menggantikan Tito Karnavian yang telah dilantik sebagai Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) pada 13 Juli 2016.

Pengangkatan tersebut dikukuhkan dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 70/TPA Tahun 2016 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan dari dan dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Utama di Lingkungan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme. Sebelumnya, pria kelahiran Jakarta, 10 Mei 1962, yang merupakan lulusan Akpol angkatan 1985 ini menjabat sebagai Sekretaris Utama Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) sejak tahun 2015.

Jabatan Kepala BNPT merupakan sebuah amanah yang memiliki tantangan besar di dalamnya. Seperti diketahui, dalam beberapa kesempatan, Presiden Joko Widodo menyerukan untuk selalu meningkatkan kewaspadaan terkait serangan teror yang terjadi di Indonesia. Oleh karenanya, Presiden berpesan mengenai pentingnya lembaga terkait untuk bekerja sama secara terpadu dan terintegrasi dalam memberantas terorisme.

Bersamaan dengan dilantiknya Suhardi Alius sebagai Kepala BNPT, Presiden Joko Widodo juga melantik Dr. Ir. Penny Kusumastuti Lukito, M.C.P., sebagai Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Pengangkatan dirinya sebagai Kepala BPOM didasarkan pada Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 68/TPA Tahun 2016 tentang Pengangkatan Pejabat Pimpinan Tinggi Utama di Lingkungan Badan Pengawas Obat dan Makanan.

Sebelum menjabat sebagai Kepala BPOM RI, Penny Lukito adalah seorang Pejabat Fungsional Perencana Utama Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas sejak tahun 2013. Selama menjalankan tugasnya, dirinya pernah mendapatkan penghargaan Satya Lencana Karya XX Tahun dari Presiden RI pada tahun 2011 setelah mengabdi selama 20 tahun.

Sejumlah Menteri Kabinet Kerja dan pejabat tinggi negara hadir dalam pelantikan keduanya. Tampak hadir dalam pelantikan tersebut di antaranya Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri Agraria dan Tata Ruang Ferry Mursyidan Baldan, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Ketua MPR Zulkifli Hasan, Wakil Ketua MPR Oesman Sapta Odang, Wakil Ketua DPR Fadli Zon, Ketua DPD Irman Gusman, dan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama

Acara pelantikan tersebut ditutup dengan pemberian ucapan selamat kepada keduanya. Ucapan selamat pertama kali diberikan oleh Presiden Joko Widodo dan diikuti oleh sejumlah pejabat yang hadir dalam ruangan tersebut.

Jakarta, 20 Juli 2016
Kepala Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

Bey Machmudin

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Suhardi Alius Resmi Menjabat Kepala BNPT