Berita

Staf Ahli Bidang SDM dan Teknologi: Usia Produktif di Indonesia Lebih Banyak dari Usia Tidak Produktif

Dibaca: 34 Oleh Kamis, 5 November 2020Tidak ada komentar
Staf Ahli Bidang SDM dan Teknologi: Usia Produktif di Indonesia Lebih Banyak dari Usia Tidak Produktif
#KemenkoPolhukam 

SIARAN PERS No : 224/SP/HM.01.02/POLHUKAM/11/2020

Bogor, Polhukam – Staf Ahli Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) dan Teknologi Mayjen TNI Alfret Denny D. Tuejeh menyampaikan bahwa saat ini Indonesia sedang menuju momentum bonus demografi di mana angka usia produktif lebih banyak dibandingkan dengan usia yang tidak produktif.

“Momentum tersebut akan dimanfaatkan oleh Indonesia untuk membangun bangsa Indonesia di tahun 2045 menjadi negara sejahtera, mandiri, adil, dan makmur,” jelas Mayjen TNI Alfret Denny D. Tuejeh saat membuka rapat koordinasi di Bogor, Jawa Bara, Kamis (5/11/2020).

Menurutnya, Indonesia juga sedang mengejar kualitas SDM di tengah revolusi industri 4.0 agar tidak tertinggal dengan negara-negara lain dan hanya akan menjadi negara penonton. Namun pada awal tahun 2020 negara-negara di seluruh dunia termasuk Indonesia diterpa Pandemi Covid-19 yang mengakibatkan sektor-sektor perekonomian lumpuh dan mengakibatkan banyak perusahaan tutup sementara ataupun permanen.

“Banyak pengamat ekonomi mengatakan perekonomian Indonesia dapat stabil membutuhkan waktu 2 s.d 3 tahun. Ditambah lagi lulusan perguruan tinggi terus bertambah dan lapangan pekerjaan semakin terbatas akibat Pandemi Covid-19 sehingga tingkat pengangguran semakin meningkat, kondisi ini apabila tidak segera ditangani dengan cepat dan tepat akan menjadi permasalahan bagi pemerintah,” tambahnya.

Baca juga:  Pemerintah Tegaskan Tak Pulangkan Kombatan Asal Indonesia

Kondisi inilah yang melatarbelakangi diselenggarakannya kegiatan rapat koordinasi pada hari ini. Kemenko Polhukam ingin mengetahui bagaimana langkah-langkah dan strategi agar pengembangan SDM unggul dalam rangka menyambut bonus demografi era revolusi industri 4.0 di tengah pandemi Covid -19 dapat segera terlaksana.

“Saya berharap semoga melalui acara ini, seluruh peserta rapat koordinasi dapat mengembangkan dan mempererat networks dan hubungan kerja sama yang sudah terjalin dengan baik selama ini dalam rangka berbagi pengalaman-pengalaman terbaik untuk mencari solusi terhadap berbagai permasalahan,” ujar Mayjen TNI Alfret Denny D. Tuejeh.

Biro Hukum, Persidangan, dan Hubungan Kelembagaan Kemenko Polhukam RI

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel