BeritaDeputi II Bidkor Polugri

Slowakia Berharap Indonesia Dapat Menjadi Penengah Antara Rusia dan Ukraina

Dibaca: 95 Oleh Tuesday, 18 October 2022Tidak ada komentar
WhatsApp Image 2022 10 18 at 1.28.49 PM
#KemenkoPolhukam 

SIARAN PERS No: 171/SP/HM.01.02/POLHUKAM/10/2022

Polhukam, Slowakia – Deputi Bidang Koordinasi Politik Luar Negeri Kemenko Polhukam, Rina Soemarno, bertemu dengan Direktur Jenderal Kebijakan Pertahanan Republik Slowakia, Martin Sklenár di Slowakia, Senin (17/10/2022).

Dalam pertemuan tersebut, ke dua pihak membahas isu-isu bidang pertahanan yang menjadi perhatian ke dua negara. Salah satu isu utama yang dibahas adalah mengenai perjanjian kerja sama bidang pertahanan yang telah siap ditandatangani oleh ke dua negara, namun tertunda akibat dibatalkanya rencana kunjungan kerja Menteri Pertahanan Republik Slowakia ke Jakarta yang semula dijadwalkan pada November 2022.

“Mengingat draft final perjanjian telah disepakati oleh kedua negara dan hanya menunggu waktu yang tepat untuk penandatanganan, maka Pemerintah RI mengusulkan kiranya perjanjian kerja sama bidang pertahanan tersebut dapat ditandatangan secara circular oleh kedua Menteri Pertahanan,” kata Duta Besar Rina.

Kementerian Pertahanan Republik Slowakia pun menyambut baik dan berharap usulan tersebut dapat segera dilaksanakan.

Di kesempatan yang sama, ke dua negara juga membahas tentang posisi Slowakia dalam konflik Rusia-Ukraina. Pemerintah Slowakia dengan tegas mengacam tindakan agresi Rusia terhadap Ukraina dan menganggap Rusia sebagai ancaman yang harus diwaspadai.

Selain itu, Pemerintah Slowakia juga memberikan dukungannya terhadap Presidensi G20 Indonesia. “Pemerintah Slowakia berharap Indonesia dapat menjadi salah satu penengah dalam ketegangan antara Rusia dan Ukraina,” kata Rina.

Humas Kemenko Polhukam

Terkait

Kirim Tanggapan