POLHUKAM - Kementerian Koordinator Bidang Polhukam RI

Sesmenko Polhukam Hadiri Rakornas Implementasi Reformasi Birokrasi dan Rakernas Forsesdasi 2019

By 21 Feb 2019 Berita
WhatsApp_Image_2019-02-21_at_12.40.25

Polhukam, Kaltim – Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Letjen TNI Agus Surya Bakti menghadiri Pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Implementasi Reformasi Birokrasi dan Rapat Kerja Nasional Forum Sekretaris Daerah Seluruh Indonesia 2019 di Gedung BSCC Dome Bandara SAMS Sepinggan, Kalimantan Timur pada Rabu (20/2/2019).

“Saya menghadiri acara hari ini untuk menjalin silaturahmi dan ikut berpartisipasi aktif dalam mendukung penyelenggaraan pemerintahan, khususnya pemerintah daerah, melalui pengelolaan SDM aparatur sipil negara yang profesional, berintegritas dan berkinerja tinggi untuk mewujudkan cita-cita reformasi birokrasi,” kata Sesmenko Polhukam.

Sementara itu, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan bahwa Sekretaris Daerah memiliki tugas untuk membantu Kepala Daerah dalam proses konsolidasi Pemilu 2019 yang dilaksanakan secara serentak. Dirinya juga mengatakan kondisi-kondisi teritorial yang ada di daerah sehingga program-program terencana dapat diadakan secara komprehensif.

“Sekretaris daerah harus cermat membaca situasi, membaca perkembangan yang ada di daerah, apa termasuk area-area rawan terhadap suatu ancaman,” kata Tjahjo.

Tjahjo juga menyampaikan bahwa perangkat daerah serta pelayanan administratif termasuk dalam kerjasama daerah. Sekretaris Daerah juga berfungsi untuk mengoordinasikan pelaksanaan tugas perangkat daerah serta melakukan pemantauan dan evaluasi proses kebijakan daerah pelayanan administratif.

Sebagai kepentingan regulasi hubungan tata kelola, pemerintah pusat dan daerah harus semakin efektif dan semakin efisien. Tjahjo berharap Reformasi Birokrasi dapat memperkuat otonomi daerah baik provinsi maupun kabupaten kota.

“Kita bersama-sama mewujudkan pemerintahan yang bersih dan berwibawa. Yang menjadi tekad kita bersama adalah mewujudkan bangsa dan negara yang konsolidasi dan demokrasi, sistem pemerintahan presidensial serta harus semakin efektif dan semakin efisien,” kata Tjahjo.

Acara yang mengangkat tema “Percepatan Pelaksanaan Reformasi Birokrasi Guna Mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan Kelas Dunia 2025 Melalui Inovasi Pelayanan Publik dan Pencegahan Korupsi” tersebut dihadiri oleh Sekjen Kementerian Pertahanan Laksda TNI Agus Setiaji, Sekretaris Menteri Pariwisata Drs. H.Ukus Kuswara, Sekretaris Jenderal Kemendagri Drs.Hadi  Prabowo,MM, Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Subiyanto, Kapolda Kaltim Irjen Pol. Drs. Priyo Widiyanto, dan Ketua Forsesdasi H. Nasrun Umar, SH ,MM.

Biro Hukum, Persidangan dan Hubungan Masyarakat
Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan

Pos Terkait

Kirim Komentar/Pertanyaan

Sesmenko Polhukam Hadiri Rakornas Implementasi Reformasi Birokrasi dan Rakernas Forsesdasi 2019