POLHUKAM - Kementerian Koordinator Bidang Polhukam RI

Pulau Kepala

By 18 Feb 2016 11:39Opini
featured-pancasila-1600×600

Author :: Bungko Dewa
Date :: Rabu 03/09/2011 @ 02:56
Jangan tanyakan anak-anak kita yang di sekolah dasar atau lanjutan tentang pulau ini. Mereka memang tidak pernah diajarkan untuk mengenal pulau-pulau lain di nusantara ini kecuali pulau-pulau besar seperti Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Papua, Maluku, Bali, dan Maluku. Mereka diajarkan bahwa Indonesia adalah negara kepulauan tetapi sedikit yang mengetahui pulau-pulau kecil, apalagi pulau-pulau terluar atau terdepan yang senantiasa menjadi incaran negara-negara tetangga.

Pulau Kepala adalah adalah salah satu pulau terluar Indonesia yang terletak di Laut Natuna, atau bagian dari Laut Cina Selatan yang berbatasan dengan negara Malaysia Timur. Secara administratif Pulau Kepala ini terletak di Desa Air Nusa, Kecamatan Serasan, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau. Pulau Kepala ini penting untuk kita ketahui bersama karena pulau ini menjadi salah satu pulau yang menjadi dasar acuan garis batas pulau-pulau terluar di Kepulauan Riau.

Lautan di Pulau Kepala ini memiliki sumber daya terumbu karang pada kedalaman 3-5 meter, begitu juga ikan dari berbagai jenis. Sayangnya, tidak banyak yang bisa dilakukan oleh pemerintah untuk mengembangkan potensi Pulau Kepala ini, mengingat luas daratannya yang hanya 0,02 Km2, atau hanya 20 meter persegi. Dengan luas wilayah daratan yang demikian, Pulau Kepala memang tidak layak untuk menjadi hunian.

Pulau Kepala tampak hanya seperti hamparan batu dengan pasir putih yang ditumbuhi pohon kelapa. Pada bagian tengah pulau ini telah dibangun mercusuar setinggi 30 meter sebagai tanda bahwa Pulau Kepala adalah pulau terluar milik negara Indonesia. Tingkat kerawanan Pulau Kepala sangat kecil untuk bias dicaplok oleh negara tetangga. Soal illegal fishing juga tidak begitu mengkhawatirkan karena kapal dan perahu nelayan-nelayan kita sering mengunjungi pulau ini untuk melakukan kegiatan penangkapan ikan. Jika kita bermaksud mengunjungi atau melakukan ekspedisi ke Pulau Kepala tidak begitu sulit karena di sana telah tersedia dermaga kayu yang sederhana.

Kalaupun ingin dikembangkan, Pulau Kepala ini sepertinya cocok untuk dijadikan tempat wisata pemancingan.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Pulau Kepala