POLHUKAM - Kementerian Koordinator Bidang Polhukam RI

Presiden Ajak Masyakat Mengamalkan Nilai-Nilai Pancasila

By 01 Jun 2018 12:05Berita
IMG-20180601-WA0006

Polhukam, Jakarta – Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan melaksanakan upacara memperingati Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni 2018 di Lapangan Kemenko Polhukam. Upacara dipimpin oleh Plh. Sekretaris Kemenko Polhukam, Mayjen TNI Wawan Kustiawan serta diikuti oleh para Pejabat Eselon I, Eselon II, Eselon III, Eselon IV, pegawai, dan CPNS di jajaran Kemenko Polhukam.

Dalam sambutannya yang dibacakan oleh Plh. Sesmenko Polhukam, Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa Pancasila adalah berkah yang diberikan Tuhan kepada bangsa Indonesia melalui perenungan, pergulatan pemikiran dan kejernihan batin para founding fathers Indonesia.

“Para pendiri bangsa dari berbagai kelompok, golongan dan latar belakang duduk bersama untuk menetapkan Pancasila sebagai pemersatu segala perbedaan,” kata Presiden Jokowi.

Pancasila pertama kali diuraikan oleh Bung Karno yang merupakan Presiden pertama Indonesia pada tanggal 1 Juni 1945, yang kemudian dituangkan dalam Piagam Jakarta pada 22 Juni 1945 dan dirumuskan secara final pada tanggal 18 Agustus 1945. Melalui rangkaian proses tersebut, lahirlah Pancasila yang berperan sebagai falsafah bangsa dan dasar negara yang kokoh.

Presiden mengatakan bahwa Pancasila merupakan pondasi dalam membangun Indonesia yang berdaulat, bersatu, adil, dan makmur. Karenanya, kita harus bisa mengamalkan semangat dan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

“Rangkaian proses yang besar tersebut harus selalu kita ingat, kita dalami semangatnya dan kita pahami rohnya. Adalah tugas dan tanggung jawab kita untuk memastikan bahwa Pancasila selalu hadir dalam setiap sudut kehidupan serta hati dan pikiran kita,” ungkap Presiden dalam sambutannya memperingati Hari Lahir Pancasila ke-73.

Humas Kemenko Polhukam

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Presiden Ajak Masyakat Mengamalkan Nilai-Nilai Pancasila