BeritaDeputi IV Bidkor Hanneg

Peringati Hari Pahlawan, Kemenko Polhukam Laksanakan Upacara Bendera dan Mengheningkan Cipta

Peringati Hari Pahlawan, Kemenko Polhukam Laksanakan Upacara Bendera dan Mengheningkan Cipta
#KemenkoPolhukam 

Polhukam, Jakarta – Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenko Polhukam) melaksanakan Upacara Bendera dan mengheningkan cipta secara serentak selama 60 detik untuk memperingati Hari Pahlawan pada 10 November 2019.

Membacakan amanat Menteri Sosial RI, Deputi IV Bidang Koordinasi Pertahanan Negara Mayjen TNI Rudianto menyampaikan bahwa setiap Hari Pahlawan, teringat peristiwa 10 November 1945 di Surabaya yang merupakan salah satu momen paling bersejarah dalam merebut kemerdekaan Indonesia.

“Pada pertempuran tersebut rakyat Bersatu padu, berjuang, pantang menyerah melawan penjajah yang ingin menancapkan kembali kekuasaannya di Indonesia. Ini mengingatkan kita bahwa Kemerdekaan yang kita rasakan saat ini tidaklah datang begitu saja,” jelas Rudianto saat membacakan amanat di Kemenko Polhukam, Senin (11/11/2019).

Dengan peringatan Hari Pahlawan diharapkan bangsa Indonesia akan lebih menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan, sebagaimana ungkapan salah seorang the founding father Bung Karno yang menyatakan bahwa “hanya bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar”.

Selain itu peringatan Hari Pahlawan juga membangkitkan semangat berinovasi bagi anak-anak bangsa untuk menjadi Pahlawan Masa Kini, sebagaimana tema Hari Pahlawan tahun 2019 “Aku Pahlawan Masa Kini”.

“Menjadi Pahlawan Masa Kini dapat dilakukan oleh siapapun Warga Negara Indonesia, dalam bentuk aksi-aksi nyata memperkuat keutuhan NKRI, seperti menolong sesama yang terkena musibah, tidak melakukan provokasi, tidak menyebarkan berita hoax, dan tidak melakukan perbuatan anarkis,” ujar Rudianto.

Sekarang untuk menjadi pahlawan bukan hanya mereka yang berjuang mengangkat senjata mengusir penjajah tetapi dengan cara menorehkan prestasi di berbagai bidang kehidupan, memberikan kemaslahatan bagi masyarakat, dan membawa harum nama bangsa Indonesia di mata Internasional.

“Dengan menjadikan diri kita sebagai Pahlawan Masa Kini, maka permasalahan yang melanda bangsa dewasa ini dapat teratasi. Untuk itu marilah kita terus menerus berupaya memupuk nilai kepahlawanan agar tumbuh subur dalam hati sanubari segenap insan masyarakat Indonesia,” ungkap Rudianto.

Biro Hukum, Persidangan, dan Hubungan Kelembagaan Kemenko Polhukam RI

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel