POLHUKAM - Kementerian Koordinator Bidang Polhukam RI

Pemerintah Yakin Masalah Pengungsi Dapat Teratasi

By 20 Jun 2016 13:35Berita
20160620000304_IMG_4303

Pemerintah Indonesia meyakini masalah pengungsian dapat teratasi tanpa mencederai kepentingan negara-negara yang terlibat. Meskipun masalah pengungsian merupakan masalah yang kompleks, namun keyakinan pemerintah didasari atas usaha dunia internasional yang begitu besar dalam usaha mengatasi masalah pengungsian. Hal ini diungkapkan Deputi II Bidang Politik Luar Negeri Kementerian Politik, Hukum dan Kemanan, Lutfi Rauf dalam pembacaan pidatonya mewakili Menteri Polhukam di acara peringatan hari pengungsi dunia di Goethe Institute, Senin (20/6).

“Saya percaya kita memiliki banyak pekerjaan rumah. Meskipun begitu, saya yakin sekali melihat usaha yang dilakukan komunitas internasional, situasi masalah pengungsi yang kompleks dapat teratasi demi kepentingan bersama dalam konteks regional dan global” ujar Deputi Rauf dalam pidatonya.

Indonesia telah memenuhi kewajiban moralnya dalam menerima 13745 pengungsi yang berasal dari 40 negara, meski Indonesia tidak terikat konvensi terkait pengungsi tahun 1951. Dalam pidato Menko Polhukam yang dibacakan oleh Deputi II bidang Politik Luar Negeri, pemerintah mengaku sebenarnya Indonesia menampung jumlah pengungsi melebihi kapasitasnya, dan meski begitu, pemerintah tetap menerima pengungsi atas dasar kemanusiaan.

Pemerintah juga menambahkan walau melihat masalah pengungsian dari kaca mata kemanusiaan, namun masalah keamanan juga patut dipertimbangkan terkait penyelundupan manusia, perdagangan manusia, kejahatan transnasional, bahkan percobaan inflitrasi teroris. Dalam hal ini, terkait masalah refuge, proses yang dilalui harus merujuk pada Bali process. Untuk itu meskipun proses-proses dalam mengatasi pengungsian harus cepat, namun UNHCR dan organisasi yang terkait dengan pengungsian tetap harus mengamati secara seksama proses-proses tersebut.

Selain pemerintah Indonesia, penghargaan UNHCR juga diberikan pada Dompet Dhuafa, Komnas HAM, Palang Merah Indonesia, Roshan Learning Centre dan Suaka. Penghargaan ini diberikan atas usaha dan kerjasama pihak penerima penghargaan dalam membantu dan melindungi para pengungsi.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Pemerintah Yakin Masalah Pengungsi Dapat Teratasi