POLHUKAM - Kementerian Koordinator Bidang Polhukam RI

Pemerintah Serius Tuntaskan Kasus Pelanggaran HAM di Papua

By 25 Apr 2016 12:12Berita
20160424210901_IMG_3167

Menteri Koordinator Politik Hukum dan Kemanan, Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan bahwa saat ini pemerintah tengah serius menuntaskan kasus-kasus HAM berat, yang telah dikategorisasi sebagai kasus pelanggaran HAM sebanyak  24 kasus, termasuk salah satunya kasus-kasus di Papua yang saat ini tercatat ada 18 kasus pelanggaran HAM di Papua yang akan dituntaskan pemerintah.

“Mengenai HAM Papua, sekarang lagi rapat. Sudah hari ketiga kita rapat terus membedah masalah itu, dengan teman-teman Papua juga untuk menuntaskan” ujarnya dalam pertemuan dengan para wartawan di Kantor Menko Polhukam, Senin (25/04).

Menurut Menteri Luhut, pemerintah menargetkan, penuntasan kasus-kasus pelanggaran HAM berat akan selesai dalam tahun ini. “Berapa lama harus selesai? Saya berharap tahun ini harus selesai” tambahnya.

Ia berharap agar kasus-kasus HAM segera selesai, tanpa adanya campur tangan asing.  “Kita selesaikan, biarkan bangsa ini menyelesaikan masalahnya sendiri. Jangan ada intervensi lain. Kalau kita mau ngundang orang lain ya kita ngundang gak ada masalah.  Tapi tidak dalam konteks mereka melakukan fact findings” tegasnya.

Menko Polhukam menekankan pentingnya kasus-kasus ini selesai, agar tidak lagi menjadi beban pada generasi saat ini ataupun mendatang. “Presiden sangat paham ini kita teruskan supaya jangan jadi beban generasi nanti” ujarnya dalam pertemuan dengan wartawan sebelum memulai kunjungannya ke Tiongkok.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Pemerintah Serius Tuntaskan Kasus Pelanggaran HAM di Papua