POLHUKAM - Kementerian Koordinator Bidang Polhukam RI

Pemerintah Optimistis Rasio Gini 2016 Turun jadi 0,39

By 21 Apr 2016 13:42Berita
6

Pemerintah optimistis di tahun ini rasio gini akan turun di bawah angka 0,40 yakni menjadi 0,39. “Kita optimistis gini rasio akan turun di tahun ini menjadi di bawah 0,40 jadi 0,39” kata Menko Polhukam pada acara Coffee Morning di kantor Kemenko Polhukam (21/04).

Menurut Menteri Luhut, optimisme tersebut terbangun dari adanya fakta bahwa indeks rasio gini tahun lalu menurun dari 0,41 menjadi 0,40. “Perkembangan ekonomi kita saya rasa membaik, popularitas pemerintah juga membaik, popularitas Presiden juga membaik, indek rasio gini membaik, tahun lalu indek rasio gini menjadi 0,40 turun dari 0,41” tambahnya.

Menurut Menteri Luhut, ada beberapa faktor yang menyumbang penurunan angka rasio gini. Diantaranya adalah pembangunan infrastruktur yang masif dan penyaluran dana desa, serta pemberian kartu jaminan sosial seperti kartu Indonesia sehat, kartu Indonesia pintar, dan program kartu jaminan sosial lainnya.

“Alasan mengapa angka gini rasio menurun, pertama adalah pembangunan infrastruktur padat karya itu memberikan lapangan kerja yang luas, hampir 2,1 juta lapangan pekerjaan. Yang kedua adalah dana desa, plus kartu sehat dan lain lain, itu ternyata membuat pemerataan,  jadi selain partumbuhan kita bicara pemerataan” ujar Menko Polhukam.

Agar optimisme pemerintah bisa menjadi nyata, pemerintah akan menjadikan program dana desa menjadi prioritas. “Oleh karena itu, pelaksanaan dari pada program dana desa ini menjadi prioritas oleh Presiden dan untuk itu kita akan mengontrol dengan cermat, bagaimana distribusi dari dana desa, yang sekarang ini sedang berjalan,” tegasnya.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Pemerintah Optimistis Rasio Gini 2016 Turun jadi 0,39