POLHUKAM - Kementerian Koordinator Bidang Polhukam RI

Menko Polhukam Tingkatkan Kerjasama Alutsista dan Cyber dengan India

By 15 Jan 2018 20:04 Berita
WhatsApp_Image_2018-01-15_at_12.49.55_PM

Polhukam, Jakarta — Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Wiranto mengungkapkan sudah melaksanakan koordinasi dengan jajaran untuk meningkatkan kerjasama dibidang Alutsista dan Cyber ke India setelah melaksanakan kunjungan beberapa waktu lalu.

“Jadi saya memang mengundang Panglima TNI, Kapolri, BIN dan Jaksa Agung. Sebenarnya harus kita undang juga, Kumham dan sebagainya. Dalam rangka mengevaluasi kunjungan saya memimpin delegasi Indonesia dalam rangka bilateral meeting di India,” kata Menko Polhukam, Wiranto seusai rapat di Ruang Bima Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Senin (15/1/2018).

Pada pertemuan yang dilaksanakan di New Delhi, India lalu, Menko Polhukam bertemu dengan Penasehat Keamanan India, Shri Ajit Kumar Doval untuk menindaklanjuti kunjungan Presiden Joko Widodo pada 11 Desember 2017.

“Pertama adalah mengkonsolidasikan kerjasama-kerjasama yang sudah ada untuk lebih diaktualisasikan dalam rangka kerjasama antara India dengan Indonesia. Banyak, misalnya kerja sama masalah produksi industri alat-alat pertahanan atau alutsista. Kerja sama masalah cyber. Kerja sama masalah patrol maritime, kerja sama masalah anti terorisme dan anti terrorism financing. Kerja sama masalah penyikapan terhadap kasus Laut Cina Selatan,” ungkap Menko Polhukam.

Selanjutnya, kerjasama tersebut di evaluasi dengan melibatkan kementerian dan lembaga-lembaga terkait seperti Polri, TNI, Jaksa Agung, BIN, perwakilan dari BSSN dan sebagainya. Sehingga menjadi bahan bagi Presiden pada kunjungan kedua yang direncanakan pada akhir bulan Januari mendatang dalam rangka ASEAN Plus India Meeting, untuk memperingati ulang tahun kebersamaan antara ASEAN dan India.

“Sehingga hasil evaluasi nanti akan kita laporkan ke Presiden untuk beliau punya satu pandangan yang sangat luas tentang hubungan antara Indonesia dan India. Itu tadi kita selesaikan,” jelas Menko Polhukam.

Menko Polhukam juga mengungkapkan bahwa India saat ini sudah maju seperti di bidang pembuatan kapal yang telah berhasil memproduksi kapal induk sendiri. India juga telah menunjukan kemajuan teknologi dengan mengirimkan roketnya ke orbit bumi.

“Masalah IT di negara India cukup maju. Itu yang akan kita kerjasamakan nanti. Sehingga, siapa tau nanti saat kita melengkapi BSSN, punya satu best practices dari India untuk dapat kita serap dan bisa kita terapkan di sini,” jelas Menko Polhukam.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Menko Polhukam Tingkatkan Kerjasama Alutsista dan Cyber dengan India