BeritaMenko Polhukam

Menko Polhukam Tegaskan Kapal China Sudah Keluar dari Laut Natuna

Menko Polhukam Tegaskan Kapal China Sudah Keluar dari Laut Natuna
#KemenkoPolhukam 

Polhukam, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Moh. Mahfud MD menegaskan bahwa kapal Coast Guard China dan kapal-kapal nelayan yang masuk di wilayan Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia sudah tidak ada.

“Jadi sekarang untuk Natuna itu di area yang kemarin diributkan sudah tidak ada lagi Coast Guard China, maupun nelayan-nelayan China, sudah keluar,” jelas Menko Polhukam Moh. Mahfud MD kepada awak media di Kemenko Polhukam, Jakarta, Kamis (9/1/2020).

Sebelumnya, kapal coast guard China memicu ketegangan karena masuk ke wilayah ZEE Indonesia dan sengaja menghidupkan AIS (automatic identification system) atau sistem pelacakan kapal otomatis. Namun saat ini kondisi di Natuna sudah aman dan terkendali.

“Sekarang tidak akan ribut-ribut lagi soal pelanggaran hak berdaulat karena nampaknya sudah berkurang kapal-kapal yang tidak menghidupkan AIS-nya, automatic identification system, kemarinkan sangat proaktif kapal menghidupkan,” jelas Moh. Mahfud MD.

Untuk itu Menko Polhukam berharap agar masyarakat tidak perlu mempeributkan lagi permasalahan masuknya kapal China ke perairan Natuna karena sudah diselesaikan oleh pemerintah dan saat ini perairan tersebut juga akan semakin ditingkatkan pemanfaatannya.

“Sekarang sudah tidak ada, sudah diluar semua, oleh sebab itu kita tidak usah ribut-ribut lagi, kita isi sekarang Natuna itu dengan kegiatan-kegiatan sosial, ekonomi dan pemerintahan secara lebih proporsional dari pada kosong,” ujar Menko Polhukam.

Biro Hukum, Persidangan, dan Hubungan Kelembagaan Kemenko Polhukam RI

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel