Menko PolhukamBerita

Menko Polhukam : Perguruan Tinggi Akan Maju Jika Ada Keseimbangan Antara Pelaksanaan Norma Akademik dan Tradisi Akademik

Menko Polhukam : Perguruan Tinggi Akan Maju Jika Ada Keseimbangan Antara Pelaksanaan Norma Akademik dan Tradisi Akademik
#KemenkoPolhukam 

Polhukam, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Moh. Mahfud MD mengatakan perguruan tinggi akan maju kalau ada keseimbangan antara pelaksanaan norma akademik dan tradisi akademik. Oleh sebab itu, orang-orang yang hebat muncul dari perguruan tinggi itu tidak hanya lulus dalam norma akademik tetapi juga lulus dalam tradisi akademik.

“Norma akademik itu aturan-aturan untuk lulus, aturan-aturan untuk dapat nilai. Kalau ambil mata kuliah hukum tata negara harus ambil dulu pengantar hukum Indonesia, itu norma akademik. Kalau mau registrasi harus bayar dulu itu juga norma akademik. Nah banyak orang bisa lulus dengan norma akademik, menghafal saja dari fotokopian, ujian, lulus. Tapi itu tidak dalam,” ujar Menko Polhukam Moh. Mahfud MD saat menerima pimpinan dan mahasiswa Universitas Dr. Soetomo, Surabaya, di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin (6/1/2020).

Sedangkan tradisi akademik merupakan kegiatan-kegiatan yang tidak dinilai A, B, C, atau D. Menko Polhukam berceritanya dulu waktu dirinya kuliah, kalau ada Pak Amien Rais ceramah dimana pun akan dikejar.

“Seperti Saudara ke sini tidak ada nilainya, tetapi ini tradisi akademik. Lalu kajian hukum, ada buku misalnya buku yang sekarang sedang ramai, seminar. Kehadiran di sini sambil bersenang-senang jalan-jalan tetapi bisa memanfaatkan ini sebagai dari bagian memperkuat jati diri sebagai akademisi, produk intelektual kampus,” kata Menko Polhukam Moh. Mahfud MD.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel