BeritaMenko Polhukam

Menko Polhukam : Pemerintah Tidak Pernah Asal Buat Kebijakan Terkait Covid-19

Dibaca: 22 Oleh Jumat, 26 Juni 2020Juni 30th, 2020Tidak ada komentar
img 20200626 wa0017
#KemenkoPolhukam 
SIARAN PERS No : 124/SP/HM.01.02/POLHUKAM/6/2020
Polhukam, Surabaya – Pemerintah dinilai tidak asal dalam membuat kebijakan terkait penanganan pandemi Covid-19. Ada dasar scientific atau ilmiah ketika memutuskan untuk menerapkan era new normal atau kenormalan baru.
“Pemerintah itu ketika membuat kebijakan tidak asal, ada dasar scientific. Saya selalu ikut sidang kabinet, ini selalu saya blow up karena sekarang di masyarakat timbul kritik pemerintah tidak pakai etimolog(i), tidak pakai scientific, tidak pakai sosiolog. Pakailah,” kata Menko Polhukam Moh. Mahfud MD saat memberikan pengarahan kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sekitar Surabaya Raya, Jawa Timur, Jumat (26/6/2020).
Menko Polhukam mengatakan ketika akan memutuskan untuk new normal, pemodelan matematis perkembangan setiap daerah itu dilakukan tidak hanya oleh satu orang, ilmiahnya, tetapi 4 orang. Ada dari Bappenas, BIN, KSP dan BNPB.
“Jadi ketika akan memutuskan new normal itu diskusinya panjang, bukan kaget lalu memutuskan. Lalu para menteri membahas dari segi sosiolog, dari segi kesehatan, ilmiah. Jadi jangan dikatakan pemerintah kaget, tidak,” kata Menko Polhukam Mahfud MD.
Kesimpulannya, kata Menko Polhukam, setiap daerah memiliki tekanan yang berbeda-beda, sehingga kemudian Menteri Kesehatan diminta membuat protokol. Misalnya untuk sekolah seperti ini, kemudian pesantren begini, industri begini, itu ada pedomannya semua yang dibuat oleh pemerintah.
“Sehingga sekarang ini kita tinggal harus konsisten. Bagi saya arahannya itu konsistensi saja dan lihat perkembangan sehingga new normal nanti akan on off juga. Sehingga ada potret yang selalu berubah berdasar warna zona yang ditetapkan oleh Gugus Tugas,” kata Menko Polhukam.
Menurut Menko Polhukam, Covid-19 itu adalah fakta dan belum bisa ditaklukan. Sementara kita juga tidak mau dibunuh secara mengerikan oleh Covid.
“Justru itu kita normal saja, bagaimana caranya? Kita menghindar, sudah ada caranya. Kita buat kenormalan baru karena juga kenormalan baru selalu dibuat sesudah ada virus, Spanyol dulu bagaimana cara menghadapinya, setiap ada virus itu normal baru,” kata Menko Polhukam Mahfud MD.
Biro Hukum, Persidangan, dan Hubungan Kelembagaan Kemenko Polhukam RI

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel