Berita

Menko Polhukam : Pelaksanaan Kampanye Pilkada Serentak Minggu Pertama Berjalan Cukup Baik

Dibaca: 36 Oleh Jumat, 2 Oktober 2020Tidak ada komentar
Menko Polhukam : Pelaksanaan Kampanye Pilkada Serentak Minggu Pertama Berjalan Cukup Baik
#KemenkoPolhukam 

SIARAN PERS No. 194/SP/HM.01.02/POLHUKAM/10/2020

Polhukam, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Moh. Mahfud MD mengatakan bahwa pelaksanaan kampanye Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak pada minggu pertama berjalan dengan cukup baik. Dikatakan, memang masih terjadi beberapa pelanggaran, tetapi tidak terlalu signifikan.

“Misalnya, (dalam kampanye) seharusnya yang hadir pertemuan itu 50 orang, tetapi ternyata lebih. Atau ada yang 50, tetapi sebagian tertentu ada yang lupa pakai masker,” kata Menko Polhukam usai memimpin Rapat Koordinasi Terkait Analisa dan Evaluasi Pelaksanaan Kampanye Pilkada Serentak Tahun 2020 di Kantor Kementerian Dalam Negeri, Jumat (2/10/2020).

“Jadi kira-kira, 15 persen (pelanggaran), dan itu kecil-kecil, tidak menimbulkan kegaduhan,” lanjutnya.

Selain itu, Menko Polhukam menegaskan bahwa yang terpenting dalam pelaksanaan Pilkada di tengah Covid-19 adalah penerapan protokol kesehatan secara ketat oleh seluruh elemen masyarakat.

“Sementara ini dari hasil evaluasi kampanye minggu pertama, kerawanan itu tidak terletak kepada daerah itu ada pilkada atau tidak, tetapi pada kedisiplinan protokol kesehatan,” kata Menko Polhukam.

Baca juga:  Deputi Bidkor Kamtibmas : Jangan Mudah Percaya Hoax!

Dirinya juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh lembaga masyarakat serta ormas yang telah memberikan saran agar pelaksanaan Pilkada mengutamakan kesehatan. “Kami menganggap bahwa usul tersebut timbul dari niat yang tulus. Kami hargai, itu untuk ikut berperan melawan Covid-19,” ungkapnya.

 

Biro Hukum, Persidangan, dan Hubungan Kelembagaan Kementerian Koordinator, Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan

 

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel